Gallery

McKinsey: Indonesia Akan Menjadi Kekuatan Ekonomi ke-7 Tahun 2030

Laporan McKinsey tentang Indonesia yang berjudul “The archipelago economy: Unleashing Indonesia’s potential” memang cukup menarik sekaligus mengejutkan. Dalam laporan tersebut dikatakan bahwa Indonesia berpotensi untuk menjadi kekuatan ekonomi ke-7 di dunia pada tahun 2030. Tentu saja hal tersebut dapat tercapai dengan beberapa syarat, a.l: peningkatan produktivitas, pemerataan pertumbuhan ekonomi, dan pemecahan masalah bottleneck infrastruktur. Harus diakui memang ketiga isu tersebut memang benar adanya.

Tentunya materi laporan tersebut sangat potensial akan menjadi bahan perdebatan. Terlepas dari apakah benar akan terjadi atau tidak (semoga saja terjadi, aamin), yang pasti pertumbuhan ekonomi Indonesia cukup mengesankan. Hal tersebut pernah saya sampaikan di dalam salah satu artikel di blog ini di http://parahita.wordpress.com/2011/08/11/dan-kita-berlari-sangat-kencang/

Bagusnya kinerja emiten-emiten BEI juga pernah saya bahas di http://parahita.wordpress.com/2012/05/07/melihat-posisi-indonesia-di-dunia-company-level/

Sebagai orang Indonesia dan sekaligus investor kelas jalanan, saya akan sangat bergembira apabila prediksi McKinsey tersebut ternyata menjadi kenyataan. Sebagai investor, kita sebaiknya memantau perkembangannya dari waktu ke waktu. Bagaimanapun juga, arah kebijakan pemerintah akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan industri.

Mungkin ada baiknya kita juga mengunjungi situs MP3EI di www.mp3ei.com. Meskipun penyelesaiannya akan menjadi tugas yang berat, tidak ada salahnya kita mencoba menelusuri potensi-potensi yang mungkin muncul di industri yang berkaitan dengan program tersebut.

Bagaimanapun juga, kemajuan dan kebaikan Indonesia adalah harapan kita semua.  Untuk melengkapi, artikel akan saya tutup dengan sebuah lagu yang sangat memberikan semangat dan kebanggaan sebagai orang Indonesia:

Jayalah Indonesiaku!!!

5 thoughts on “McKinsey: Indonesia Akan Menjadi Kekuatan Ekonomi ke-7 Tahun 2030

  1. Mau jadi kekuatan ekonomi ke 7 atau ke 8 sekalipun namun kalau kesenjangan yang kaya dan miskin semakin besar sama saja bohong. Yang diuntungkan tetap saja kalangan industrialis dan menengah ke atas. Coba liat tiap tahun ada demo buruh dan subsidi bbm belum dicabut serta tarif listrik naik. Kalau hanya berpatokan pada ekonomi makro saja mudah menilainya. Contoh : cina ekonomi makronya bagus tapi liat kekayaan pmnya yang triliunan namun masyarakat di pedesaan banyak yang nganggur jadi pengantar koran di kota2 china. Survival of the fittest isn’t it?

  2. Ada 4 Masalah besar yang harus dituntaskan:
    1. Hambatan Birokrasi + Korupsi
    2. Infrastruktur Fisik dan Non Fisik (termasuk regulasi)
    3. Kesenjangan Sosial dan Pemerataan Pendapatan
    4. Dukungan Permodalan dan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan

    Secara garis besar saya yakin itu semua bisa tercapai jika ada pembenahan dari kita semua, termasuk memilih para calon pemimpin dan wakil rakyat yang bisa dipercaya.

  3. Pertama-tama saya ingin mengucapkan terima kasih kepada saudara Parahita atas peran aktifnya dalam mengedukasi masyarakat Indonesia, baik melalui blog ini maupun buku yang telah anda terbitkan. Salam kenal dan Salam Sukses Sempurna.

    Mc Kinsey memprediksi bahwa Indonesia menjadi kekuatan ekonomi ke-7 dunia pada tahun 2030 (peringkat 7 dunia secara GDP), hal ini tentu saja akan berdampak terhadap pergerakan IHSG kita yang juga akan mengalami pertumbuhan signifikan dengan membaiknya perekonomian dan peningkatan GDP Indonesia.
    Yang menarik perhatian saya adalah, data terakhir jumlah SID (Single Investor Identification) di Indonesia berdasar data yang dirilis KSEI hanyalah sebesar 274.956 pada akhir Juli 2012

    http://post.indah.web.id/?/read/2012/08/12/278/676621/jumlah-sub-rekening-efek-naik-1-5

    Angka tersebut hanya mewakili sekitar 0.1% dari total populasi penduduk Indonesia saat ini.
    Dengan kata lain, pihak yang paling menikmati pertumbuhan perekonomian indonesia melalui pasar modal dan dunia investasi hanyalah terbatas pada segelintir penduduk Indonesia dan tentu saja, para investor asing.

    Hal ini sangat saya sayangkan, mengingat kiprah Indonesia dan IHSG yang terus memukau mata dunia dan mengundang aliran penanaman investasi asing pada pasar modal kita (kepemilikan asing mencapai kurang lebih 70%), namun pada akhirnya, mereka jualah yang mendapatkan keuntungan dan menikmati hasil dari pengetahuan akan investasi dibandingkan rakyat Indonesia sendiri akibat kurangnya pemahaman dan edukasi di pasar modal.

    http://nourielroubini.blogspot.com/2011/12/roubini-goodbye-china-hello-indonesia.html

    Artikel tersebut dapat menggambarkan bagaimana Indonesia vs China (betul, kita bahkan dibandingkan dengan China yang sudah diakui sebagai Macan Asia oleh dunia) di mata seorang Nouriel “Dr Doom” Roubini, seorang pengamat Ekonomi kenamaan asal Amerika Serikat yang sempat mengejutkan dunia memprediksi akan terjadinya krisis Subprime Mortgage Amerika Serikat pada 2007-2008 yang lalu.

    http://en.wikipedia.org/wiki/Nouriel_Roubini

    Oleh karena itu melalui blog ini, sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih atas peran serta saudara Parahita dalam mengedukasi masyarakat, sehingga masyarakat dapat lebih tergugah untuk berinvestasi dan tentu saja berinvestasi melalui cara yang benar dan,dengan metode analisa yang baik.

    Saya berharap dan menghimbau agar masyarakat Indonesia dapat lebih cermat dalam melihat potensi pertumbuhan Indonesia, khususnya melalui dunia pasar modal dan investasi. sehingga ke depannya kita dapat menuai manfaat atas hasil kerja keras rakyat kita sendiri dalam membangkitkan perekonomian Indonesia..

    Selamat dan sukses untuk Saudara Parahita atas diterbitkannya buku Street Investing (buku tersebut saat ini menjadi salah satu buku favorit saya yang selalu saya promosikan kepada investor baru maupun orang-orang yang baru ingin mulai belajar berinvestasi di pasar modal dengan teknik analisa yang baik namun mudah diterapkan.)

    Jayalah terus Indonesiaku,

    Salam Sukses Sempurna!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s