Gallery

Updated: Melihat Posisi Indonesia di Dunia (Company Level)

Pada artikel sebelumnya di sini, telah dibahas bagaimana kondisi fundamental perusahaan-perusahaan di Indonesia apabila dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia. Kali ini saya akan mencoba meng-update dan mengelompokkannya dengan lebih rapi.

Potret 5 bulan yang lalu tersebut memperlihatkan bahwa emiten-emiten di BEI kinerjanya sangat bagus dan masih layak menjadi tempat berinvestasi. Bagaimana dengan saat ini? Saya akan mencoba memotretnya. Terdapat 3 aspek analisis, yaitu:

  1. Risk, yang diwakili oleh DER dan Interest cover.
  2. Potential, yang diwakili oleh growth (earnings), ROE, dan ROA.
  3. Valuation, yang diwakili oleh PER dan PBV.

The Whole Picture

Terlihat bahwa pertumbuhan emiten-emiten di BEI secara umum sangat tinggi. Terdapat 45.1% perusahaan dengan tingkat pertumbuhan lebih dari 10% dan hampir menyamai Cina. Yang mengejutkan sekaligus juga mengesankan, ROE dan ROA emiten BEI juga lebih tinggi daripada rata-rata negara di kawasan lain. Sementara itu, tingkat risiko bisnis masih dalam level aman meskipun tetap harus diwaspadai.

Regional Comparison: The Growing Asia

Jika kita membandingkan kondisi fundamental antar regional, terlihat bahwa pertumbuhan emiten-emiten Asia cukup tinggi dan hanya dikalahkan oleh emiten-emiten di kawasan Afrika dan Timur Tengah. Demikian pula dengan ROE dan ROA yang masih cukup potensial. Satu hal yang perlu diwaspai adalah PER dan PBV yang cenderung tinggi.

Europe in Crisis

Krisis ekonomi Eropa yang masih berlanjut tercermin pada perusahaan-perusahaan di negara yang terkena imbasnya, yaitu Yunani, Spanyol, dan Italia. Terlihat bahwa dari sisi risiko, potensi dan kewajaran harga saham, kondisi mereka tidak terlalu menggembirakan. Sebagai contoh, hanya 5.5% emiten di Yunani yang pertumbuhan labanya di atas 10%, jauh di bawah rata-rata dunia yaitu 18%.

The Case of BRIC: Underperformed India?

Bagaimana dengan kondisi negara-negara BRIC (Brazil, India, Rusia, Cina) yang dijagokan menjadi negara maju di masa mendatang? Terlihat bahwa pertumbuhan laba mereka cukup tinggi, jauh di atas rata-rata dunia.  Meskipun begitu, sepertinya India kinerjanya tidak sebagus negara-negara BRIC lain. Hanya 5.8% emitennya yang memiliki ROE > 15%. Satu hal yang menarik adalah bahwa pertumbuhan lama dan ROE emiten-emiten di Indonesia jauh lebih tinggi daripada India.

Selected Countries

Tidaklah lengkap rasanya apabila kita tidak memasukkan Singapura sebagai negara tetangga dan Amerika Serikat sebagai negara dengan ekonomi terkuat. Terlihat bahwa pertumbuhan laba emiten-emiten di AS cenderung rendah, jauh di bawah rata-rata emiten lain di dunia. Sepertinya kondisi ekonomi negara tersebut yang goyang sebagai akibat dari krisis kredit masih belum pulih.

Final Words

Kondisi fundamental emiten-emiten di BEI secara umum cukup dan sekarang masih dijual dengan harga yang cukup wajar. Tingginya pertumbuhan ekonomi Indonesia tercermin pada kinerja emiten-emitennya sehingga menjadikannya sangat menarik.

2 thoughts on “Updated: Melihat Posisi Indonesia di Dunia (Company Level)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s