Gallery

BRNA: Catching The Moment

Pada awalnya saya tidak terlalu tertarik dengan emiten ini. Kinerjanya cukup bagus namun tidak bisa dibilang outstanding. Kondisi tersebut berubah ketika saya membaca artikel di swa yang membahas tentang perubahan yang terjadi di BRNA.

Berlina (kode BEI: BRNA) adalah perusahaan yang memproduksi kemasan plastik untuk kosmetik, obat-obatan, makanan & minuman, dan barang-barang industri lainnya. Berlina memiliki 4 buah pabrik yang berlokasi di Pandaan (Jawa Timur), Tangerang, Cikarang, dan Hefei (Cina) dengan pelanggan yang merupakan perusahaan terkemuka seperti Unilever (Indonesia & Cina), PT Tirta Investama (Danone Aqua), PT Campina Ice Cream, PT Bayer Indonesia, dan masih banyak lainnya.

Singkat kata, pada tahun 2006 Berlina mengalami masalah. Walaupun penjualannya cukup bagus namun labanya kembang kempis. Operating profit margin hanya 3.3% sehingga menyebabkannya merugi Rp 5 miliar. Pada kondisi tersebut, pemilik perusahaan menugaskan Rudy Sugiarto untuk melakukan pembenahan. Problem dari Berlina adalah inefisiensi pabrik serta adanya produk yang marginnya terlalu tipis. Panjang ceritanya apabila saya tulis di sini. Anda bisa membaca versi lengkapnya pada artikel yang terlampir di atas.

Apakah Rudy Sugiarto berhasil? Mari kita lihat angka-angkanya.

Terlihat bahwa sejak tahun 2006, baik revenue, operating profit, maupun net earnings BRNA terus meningkat. Rasio-rasionya pun mengalami perbaikan. Mari kita zooming untuk melihat apa yang berubah sejak tahun 2006.

Terlihat bahwa gross margin naik secara signifikan dari 15.6% menjadi 21.9%. Hal ini merupakan hasil dari klasifikasi produk berdasarkan marginnya. Produk yang bermargin rendah dinaikkan harganya agar lebih ekonomis. Efisiensi mesin dan struktur organisasi berdampak positif terhadap operating margin dan net profit margin yang keduanya meningkat secara signifikan.

Selain itu, interest coverage (EBIT/interest expense) naik secara signifikan dari hanya 0.44 menjadi 3.2. Pertanda yang bagus karena operating income tidak habis termakan oleh biaya bunga. Demikian pula dengan ROE dan ROA yang mengalami peningkatan.

Jika kita breakdown ROE dari BRNA, tampak bahwa perbaikan yang signifikan terjadi pada net profit margin dan asset turnover. So far it’s ok.

Bagaimana dengan valuasinya?

Saya mencoba untuk bersikap konservatif dengan cut off growth yang sebenarnya sekitar 40% menjadi hanya 15% serta mengasumsikan BRNA ke depannya akan diperdagangkan dengan PER hanya 8x. Walaupun BRNA banyak melakukan perbaikan, tetap ada risiko yang membuat kita harus selalu waspada.

Terdapat MoS yang cukup besar (29.6%) bagi kita jika membeli BRNA pada harga saat ini.

Apa saja risiko dari bisnis BRNA?

  • Kenaikan harga minyak. Bahan baku BRNA adalah HDPE yang merupakan produk turunan dari minyak bumi.
  • Kehilangan momentum. Saat ini BRNA sedang berjuang untuk memperbaiki kinerjanya. Perhatikan apakah BRNA masih berada pada jalur yang benar.

Disclaimer is on.

5 thoughts on “BRNA: Catching The Moment

  1. Tanya pak parahita :
    1. Bagaimana mendapatkan angka Equity Multiplier ?
    2. Bagaimana mendapatkan angka Interest Expense ? Untuk EBIT itu adalah Laba sebelum pajak ya ?
    3. Net Profit Margin sangat rendah yaitu berkisar 5%, apakah hal ini merupakan sesuatu yang kurang baik ?
    Terima kasih

  2. Nggak ada salahnya dicoba bro, masih oke menurut saya pribadi, cuman ya itu risk premium nya memang besar sih. Asalkan pemilik konsisten dengan bisnisnya dan bukan tipikal yang suka prive pribadi dari kas perusahaan ya oke-oke saja.

  3. Bro, estimated EPS dan PER dapat angkanya dari mana yah?
    Saya coba cek di bloomberg, ft dan reuters, angkanya tidak sama estimasi di atas…
    Yang agak mendekati dapatnya dari ft, EPS (est) = EPS (ttm) * EPS growth… benar gak yah🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s