Gallery

8 Buku Yang Penting Untuk Dibaca Investor

Sangatlah memberikan pandangan yang menarik ketika kita membaca buku-buku yang ditulis oleh para investor berpengalaman. Memang benar pengalaman adalah guru yang terbaik namun buku yang ditulis dengan baik akan memberikan kita pemahaman yang lebih komprehensif dan mendalam.

Buku-buku yang berada pada daftar di bawah ini merupakan legenda yang setidaknya banyak sekali memberikan pengaruh terhadap pemikiran saya mengenai bisnis dan investasi.

Seperti kata sebuah ungkapan, “ Investasikan waktumu sebelum menginvestasikan uangmu”. Untuk sebuah ilmu yang berguna, berinvestasi pada buku-buku ini terasa sangatlah murah.

“Buffettology”
Mary Buffett dan David Clark

Tidak banyak orang yang beruntung bisa mengamati Warren Buffett dari dekat dan mendapatkan pandangan-pandangan berharga tentang prinsip-prinsip investasinya. Mary Buffett adalah salah satu di antaranya. Di dalam buku ini, mantan menantu Warren Buffett ini menuangkan pengetahuan yang diperolehnya dari Warren Buffett. Buku ini bukanlah buku tentang kehidupan Warren Buffett beserta tipikal anekdot-anekdot ringan melainkan sebuah panduan praktis untuk berinvestasi yang tak ternilai.

“Rumus Ajaib Menaklukkan Pasar”
Joel Greenblatt

Joel Greenblatt adalah seorang pengikut businesslike investing ala Ben Graham. Dalam buku ini, Greenblatt memberikan analogi yang sangat bagus untuk menggambarkan proses analisis fundamental. Magic Formula merupakan bagaikan melakukan indexing dengan memilih hanya saham-saham terbaik sehingga bisa menaklukkan pasar.

“The Intelligent Investor”
Benjamin Graham

Tidak dapat diragukan lagi, buku ini telah memberikan inspirasi bagi para value investor. Kekuatan pemikiran dan ketajaman analisis Ben Graham telah membuat buku ini menjadi salah satu referensi utama para investor.

“One up on Wall Street”
Peter Lynch

Konsep berinvestasi pada sesuatu yang kita ketahui dipegang teguh oleh Peter Lynch. Buku ini sangat menarik karena banyak memaparkan bahwa kita akan memperoleh banyak sekali ide investasi dengan hanya melihat ke sekeliling kita. Perusahaan yang terlihat mirip di atas kertas akan terlihat perbedaannya di dunia nyata. Dengan melihat bagaimana suatu bisnis dijalankan, angka-angka di dalam laporan akan terlihat hidup dan bukan hanya sekedar tulisan yang beku.

 “The Alchemy of Finance”
George Soros

Di balik semua kontroversinya, George Soros adalah seorang investor yang cemerlang. Keberhasilannya mengelola Quantum Fund telah melegenda. Tidak banyak yang mengetahui ketertarikan Soros terhadap filsafat dan dunia keuangan dijadikan laboratorium untuk melakukan eksperimennya. Buku ini adalah masterpiece dari Soros yang berisikan pemikirannya tentang dunia investasi dan keuangan.

“Common Stocks and Uncommon Profits”
Philip Fisher

Philip Fisher adalah seorang investor yang selalu menekankan pentingnya memahami operasional bisnis dan prospeknya dalam menganalisis saham. Konsep “scuttlebutt” untuk menganalisis suatu saham yang diperkenalkannya tetap relevan hingga kini dan membuat seorang Warren Buffett pun banyak belajar darinya. Buku ini berisikan banyak sekali mutiara yang sangat bermanfaat dalam proses pembelajaran seorang investor.

“The Richest Man in Babylon”
George S. Clason

Buku yang ditulis pada tahun 1920 ini cukup mengejutkan karena masih tetap relevan untuk kondisi saat ini. Dengan lugas, buku ini mengajarkan kita hal-hal mendasar tentang investasi yang seringkali terlupakan. Dengan tutur bahasa yang ringan dan mengena, buku ini layak menjadi panduan bagi seorang investor, baik pemula atau yang sudah kawakan.

“A Random Walk Down Wall Street”
Burton G. Malkiel

Malkiel dalam buku ini menyadarkan kita bahwa tidak akan semudah itu mengalahkan kinerja pasar. Berlandaskan teori pasar efisien dan data empiris, Malkiel menunjukkan bahwa sebagian fund manager gagal untuk menaklukkan pasar. Solusi yang ditawarkannya adalah membeli index fund dengan fee yang rendah karena apapun yang terjadi, kinerja kita akan menyamai pasar. Apa yang dikemukakan di dalam buku ini adalah tantangan bagi banyak prinsip investasi sehingga menjadi bacaan yang sulit untuk dilewatkan.

7 thoughts on “8 Buku Yang Penting Untuk Dibaca Investor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s