Gallery

Sedikit Cerita tentang Seminar SSIS

Seminar “Simple, Smart Invest in Stock” yang diselenggarakan oleh Finansia Consulting hari Sabtu lalu cukup banyak mendapatkan sambutan. Terus terang saja saya agak ketar-ketir dan meraba-raba tingkat pemahaman peserta terhadap investasi saham. Selama ini topik-topik yang saya sampaikan di blog maupun di buku memang diperuntukan bagi investor saham yang ingin belajar lebih lanjut. Merupakan sebuah tantangan bagi saya untuk menjelaskannya pada audience yang masih baru mulai berinvestasi di saham.

Setelah berjalan beberapa waktu, saya mulai bisa memetakan audience. Sepertinya masih cukup banyak yang bisa dibilang baru dalam investasi saham. Berhubung materi yang akan disampaikan cukup mendalam, saya berusaha untuk menjembatani dengan memberikan analogi-analogi dalam kehidupan sehari-hari agar tidak terasa terlalu abstrak. Saya berusaha untuk menjangkau range audience yang sangat lebar, dari level beginner hingga advance. Terus terang saja ini bukan pekerjaan yang mudah. Harapan saya sederhana saja. Apabila para audience masih bisa bertahan di tempat duduknya sampai dengan saya selesai menyampaikan materi sudah merupakan prestasi bagi saya hahaha.

Di sisi lain, saya cukup surprise karena ternyata cukup banyak peserta yang selama ini sudah banyak membaca buku maupun blog saya. Itu terlihat dari banyaknya pertanyaan yang bersumber dari apa yang pernah saya tulis. Jujur saja saya merasa senang sekali. Jika selama ini korespondensi berlangsung dengan media tulisan, kali ini saya bisa berdiskusi dengan bertatap muka langsung dengan para pembaca. Banyak sekali pertanyaan dan masukan yang semakin memperkaya pengetahuan saya tentang investasi saham dan saya merasa sangat berterima kasih.

Walaupun internet telah memperkaya cara komunikasi, berdiskusi secara langsung tetap merupakan pengalaman yang sangat berharga dan tidak tergantikan. Semoga ke depannya akan ada acara seperti ini lagi sehingga bisa terus menambah pengetahuan kita dalam berinvestasi.

Rempoa, 1 Juli 2012

4 thoughts on “Sedikit Cerita tentang Seminar SSIS

  1. Pak Parahita, kapan2 ke Medan donk buat seminar, saya pasti hadir….. Saya termasuk yang belajar sangat banyak dari blog ini. Medan kotanya bagus, kulinernya beraneka ragam dan penduduk di sini multi-kultural.

  2. Mas Parahita, tentang audience range yang sangat lebar itu, kenapa engga dibuat bertingkat seperti Beginner, Intermediate, dan Advance ? Kasian ‘kan kalau peserta yang biasa mencermati CAGR, Ebitda atau sinyal Engulfing harus mendengarkan uraian tentang prosedur membeli saham, misalnya…

Leave a Reply

