Gallery

Saham-Saham Pilihan 2012 (Bag. 3): Hasil Screening dengan Piotroski F-Score

Salah satu metode screening yang cukup menarik dikemukakan oleh Joseph Piotroski. Metode screening ini akan mencari saham-saham yang membaik kinerjanya secara relatif dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Saham dinilai berdasarkan kriteria tertentu dan diberikan skor yang dikenal dengan nama F-Score. Skor akan bernilai 1 s.d 9 dengan 9 sebagai nilai terbaik.

Untuk menyegarkan kembali, scoring method-nya adalah sbb:

Untuk setiap kriteria yang berhasil dipenuhi, berikan nilai 1.

  1. Net Income: Berikan skor 1 apabila net income positif.
  2. Operating Cash Flow: Berikan skor 1 apabila operating cash flow positif.
  3. Return On Assets: Berikan skor 1 apabila ROA lebih tinggi daripada ROA tahun sebelumnya.
  4. Quality of Earnings: Berikan skor 1 apabila operating cash flow lebih besar daripada net income.
  5. Long-Term Debt vs. Assets: Berikan skor 1 apabila rasio long-term debt to assets lebih rendah dari tahun sebelumnya. (Skor 1 juga diberikan apabila tidak memiliki utang walaupun aset meningkat).
  6. Current Ratio:  Berikan skor 1 apabila current ratio meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
  7. Shares Outstanding: Berikan skor 1 apabila jumlah saham beredar tidak lebih besar dibandingkan dengan tahun sebelumnya
  8. Gross Margin: Berikan skor 1 apabila gross margin lebih tinggi dari tahun sebelumnya.
  9. Asset Turnover: Berikan skor 1 apabila pertumbuhan penjualan lebih tinggi daripada pertumbuhan aset (asset turnover lebih tinggi dibandingkan dengan tahun lalu).

Artikel tentang Piotroski F-Score dapat dibaca di sini.

Berdasarkan laporan keuangan tahun 2011, saham apa sajakah yang memiliki nilai tertinggi?

Terdapat 9 emiten yang memiliki F-Score 9. Jangan lupa untuk memeriksa dan menganalisis lebih jauh secara terperinci.

Bagian 1 bisa dibaca di: Saham-Saham Pilihan 2012 (Bag. 1): Hasil Screening dengan Metode dari Peter Lynch

Bagian 2 bisa dibaca di: Saham-Saham Pilihan 2012 (Bag. 2): Hasil Screening dengan Metode dari Ben Graham

Disclaimer is on.

30 thoughts on “Saham-Saham Pilihan 2012 (Bag. 3): Hasil Screening dengan Piotroski F-Score

  1. Pingback: Saham-Saham Pilihan 2012 (Bag. 2): Hasil Screening dengan Metode dari Ben Graham | Pojok Ide Investasi

  2. Pingback: Saham-Saham Pilihan 2012 (Bag. 1): Hasil Screening dengan Metode dari Peter Lynch | Pojok Ide Investasi

  3. Dear Pak..sebaiknya bapak sebelum menuliskan tulisan berikutnya, bapak harus terlebih dahulu memelihara postingan bapak terutama mengenai Valuasi Harga saham. seperti valuasi KKGI yang di beri judul KKGI: Black Diamond tgl 21 maret.. Bapak memberikan harga wajar 9.400 dg diskon 22 %. tahukah bapak bahwa tulisan bapak setidaknya akan di ikuti oleh investor yang membaca artikel bapak. dan brp harga KKGI sekarang ?? tgl 30 mei 2012 KKGI Rp. 4.425. IInvestor yang akhirnya menjadi korban atas tulisan bapak tsb, tidak mempunyai outlook yang jelas akan perusahaan ini, sehingga LOSS 35 % sejak bapak menuliskan artikel tsb. kalo bapak memberikan update kalimat di akhir artikel bapak ” hati hati..perkembangan harga batu bara menurun ”
    saya boleh kritik ke bapak..” Seyogyanya Bapak juga Lebih Hati Hati dalam menuliskan Artikel ” karena bisa jadi AKIBAT tulisan Bapak, akan di ikuti oleh orang lain. Semestinya Bapak memberikan update harga wajar KKGI kalo memang ada perubahan penurunan harga. Setidaknya tulisan bapak akan bermanfaat bagi banyak orang apabila Bapak juga Bijak menerbitkan artikel tentang ” Valuasi Saham X “.

  4. @bew
    Saya sangat concern dengan valuasinya dan setelah mengamati beberapa waktu, saya memberikan update tentang perkembangan harga batubara.
    Sebetulnya sewaktu memberikan hasil valuasi, saya sudah memberikan informasi tentang risiko-risikonya. Saya mohon maaf apabila warning tersebut dirasakan kurang memadai. Saya memberikan warning tersebut karena melihat terdapat risiko yang cukup besar di situ.

    Masukan Anda sangat berharga bagi saya dan akan menjadi pertimbangan saat menuliskan artikel tentang valuasi.

    Btw, ketika beli saham rencana hold brp lama ya? Hampir semua valuasi saya itu sifatnya long term. Kalau cuma rencana 1-2 tahun atau malah mingguan/bulanan ya gak bisa komentar banyak saya.

    Tks

  5. saya termasuk untuk long term pak..cuma karena tidak ada update lagi dari tulisan artikel bapak mengenai saham KKGI jadi sepertinya saya harus menyimpulkan sendiri bahwa saham KKGI menaruh resiko besar, kecuali bapak memberikan update valuasi terbaru dari kemungkinan TERBURUK dari harga batu bara di tahun 2012 maka mungkin bisa menjadi pegangan ( rasa aman ) sehingga investor yang semula membaca artikel bapak kemudian memutuskan membeli, tidak di tinggal begitu saja..

  6. Lho, jadi invest hanya semata2 berdasarkan hasil valuasi tsb?

    Sedih juga saya ini. Saya menulis di blog ini untuk sharing. Artikel tentang valuasi ini cuma sebagian kecil dari keseluruhan artikel. Sudah sering saya menekankan untuk melakukan analisis sendiri karena dalam investasi, itu uang masing2 yang dipakai. Saya jadi heran juga kalau memutuskan beli hanya karena seseorang bilang saham tsb bagus. Kalau memang belum bisa menganalisis sendiri dan belum siap menerima risikonya, coba introspeksi apakah sudah siap atau belum investasi di saham.

  7. Memang Bapak bukan broker atau Manager Investasi yang harus ( punya ) tanggung jawab mengikat kepada para pembaca. karena tulisan blogs, seperti blogs bapak bersifat bebas. tapi alangkah lebih indah jika kalau sudah menulis tentang Valuasi saham agar lebih di update lagi terutama saat kondisi eksternal akan mempengaruhi masa depan fundamental perusahaan.
    Tks.

  8. Saya menulis di blog ini di sela2 kesibukan saya sehari2 karena didasari semangat untuk sharing dan membuat saya sering tidur larut malam. Untuk bisa menulis di sini secara kontinyu itu adalah sebuah perjuangan tersendiri.

    Selama ini saya menulis berharap pembacanya bisa menjadi mandiri dalam menentukan keputusan investasi. Sepertinya saya salah🙂

    Kalau seandainya kurang berkenan, saya mohon maaf. Mungkin ke depannya saya tidak akan banyak menulis ttg valuasi lagi. Lagi pula, terlalu besar effort yang harus saya keluarkan untuk selalu mengupdate.

  9. dasar Bew. anda long term bukan? tentunya anda tahu bagaimana cara melakukan valuasi? semua memakai asumsi! dan asumsi itu sudah jelas ditulis di valuasinya kmrn nggak? ditulis kan! coba di baca, di situ ditulis nggak berapa ASUMSI harga batubara untuk valuasi itu?

    dan kalo harga batubara turun, ya ASUMSI itu anda sendiri yang melakukan penyesuaian, bukan suruh pak parahita!

    terakhir.. semua disclaimer on.. memang pak parahita tuhan yg bisa tau kapan harga batubara turun ya.. hebat skali dong..

    @pak parahita: 1 orang ini mungkin bisa ditanggapi.. tp saya rasa tdk perlu ditindak lanjuti. dengan alasan yang sudah cukup jelas saya tulis di atas td :malus

    :shakehand2

  10. Tetap smangat menulis. Jia you..semua org bisa saja salah memprediksi..warren buffet aja pernah salah..tp menurut gw artikel kkgi bukan salah prediksi….kkgi suatu saat akan naek lagi…barang bagus di kasih murah bukannya senang..org saya punya juga kkgi..semakin turun saya malah semakin senang…
    @bew
    Sebaiknya belajar valuasi sendiri, dari komentar anda…ketauan kualitas ilmu anda…

  11. Udah jangan di anggep lah omongan g penting si brew,saya aja yang baca jadi ikutan emosi,untung bro parahita masih bisa tahan diri..
    Terusin aja nulis sama hitungnya bro,orang berbuat baik itu penghalangnya banyak, kalo di tanggepin omongan ga penting dari kiri kanan mana bisa maju, bahasa jawanya tuh seng waras ngalah (yang normal ngalah)
    Lagian semua perhitungan bro parahita yang dulu2 itu yang buat saya mulai belajar banyak tentang fundamental karena jadi pembuktian bagi saya ttg kebenarannya
    Dan pasti berguna juga buat para adek2 kita di masa depan
    Terus berkarya bro!

  12. @bew : yang namanya valuasi itu mencari harga wajar suatu saham , memang harga wajar saham KKGI saat ini 10rb, klo sekarang harganya 4500 itulah segiyulah pasar menilainya, maka dari itu ada istilah undervalue dan overvalue, nah untuk memutuskan beli itu atau tidak itu terserah si invetor…
    @parahita : jangan berhenti menulis tentang valuasi bapak, karena itu bisa buat perbandingan metode valuasi kita, trimakasih…

  13. Pengen menambahkan komentar saya yg sblmny
    Valuasi kkgi dari parahita itu keluar sebelum adanya rencana pemerintah mengenakan pajak bea keluar..semua batubara turun jauh salah satunya kan karena sentimen tsb…disamping harga dan permintaan yg berkurang….

    Mengenai parahita wajib update valuasi saham….kalo bisa tentu bgs…tp kalo dr awal s.d skrg ini ada valuasi 100 saham….berarti parahita hrs memantau smua saham tsb…gw sih angkat tangan…

    Sama kayak @johanneswl…gw termasuk yg ikut emosi.. Org sebaik itu disalahkan…banyak org yg termasuk pelit bagi ilmunya…dan banyak juga yg ga gratis…ini diberikan cuma2 malah komplain ga jelas..

    Si @bew mungkin juga lg pusing sahamnya turun…jd rada ga berpikir jernih kalo ngomong…

    .

  14. hei bew, apakah anda bayar pak parahita menulis artikel2 disini?apa anda mau bagi keuntungan kl ikut tulisan pak parahita?? ga usa protes deh kl ga mau bagi keuntungan
    sudah bagus ada yg mau kasih valuasi, bukannya terima kasih malah protes kayak nenek2 kurang belanjaan begitu saham turun
    ga usah banyak menuntut kalo anda ga bayar sepeserpun kpd pak hita
    mau cepet kaya jgn investasi disaham, ngerampok ato jualan narkoba!!!

  15. Psikologis. Siapa juga yang enggak ketar ketir kalo harga saham yang (mungkin) sedang disimpan terus menurun. Bisa dimengerti. Tapi mbok ya, jangan marah2 ke Pak Parahita dong, salah sasaran namanya.

    Untuk Pak Parahita, seringkali kuantitas yang kecil dapat ditutupi oleh kualitas yang besar. Oleh karena itu, jangan sampe kurang tidur pak, biarlah jarang2 menulis, asal keren2, hehehe.

    Semangat!

  16. dear all;
    kayaknya kita satu suara yah,.. kecuali bro @bew.
    jadi pak parahita jangan patah arang yah, dengan komen @bew, anggap semilir angin lalu,..

    ane termasuk orang yang diuntungkan dengan tulisan pak parahita,..
    jadi tahu fundamental, meskipun sampe sekarang belum bisa/gak sempet bikin valuasi sendiri (ane karyawan gan).

    dan kebetulan ane beli KKGI duluan sebelum artikel pak parahita muncul,..
    jadi meskipun smp hari ini masih turun, ane masih average down (sayang pelor dah abis), gak gitu kuatir krn masih ada divers di saham lain (meskipun dah merah juga hahaha,..)

    tolong tetap menulis pak parahita,..

    to @bew : disclaimer on yah,..

    salam,

  17. @bew: bung bew hrs diinget kl di saham itu ada istilah dislaimer on,,,lagian Bung Parahita bukan menyuruh kita buy kok, dia hanya mempraktekkan ilmunya dr rumus2 yg ada, justru di postingan tsb kita akan lebih tahu rumus mana yg lebih akurat. Lain kali kl anda mau buy di satu saham sebaiknya anda tahu dl tujuannya. kl buat LT pastikan buat brp lama, TP brp, begitu jg kl sahamnya turun..hrs CL kah atau Averaging Down kah (itu kl amunisinya banyak), itu semua hrs kita persiapkan sblmnya…jadi kita akan selalu siap kl saham kita lg naik/turun…(Jadi jangan ngoceh terus ya…ntar nama lo bukan bew lg ntar jd beo dech….peace just kidding kok)
    @parahita: jangan berhenti update postingan2nya ya Pak….justru sy banyak belajar dr postingan Bapak…terus bagi ilmunya Pak biar hidupnya berkah…..

  18. ni saya tambahin kang…

    HRUM,ITMG,BRAU,KKGI
    cek nanti
    tahun ini saham batu bara punya rating2x yang bagus…tapi di gebukin habis2xan sampe bulan 5 ini dengan berbagai sentimen negatif dari pemerintah maupun harga nya…

    tapi btw udah 3 tahun saya coba konsisten dengan metode ini , Holdong period 2 tahun maksimal
    oke juga kok

    ya kita tunggu aja di Q2 san Q3 pasti meledak lagi saham batu bata (eh batubara)

    ITMG kang murah2x

  19. oh iya ini saya baru baca keseluruhan topik ini,
    @bew : maaf bila saya bilang anda masih pemula.. pak parahita masih baik mau membuka ilmu nya,
    dulu saya..pertama trading..kalah banyak..mau salahin salahin siapa, analis, apa yang kasih info
    mana bisa..

    saya buka buku dari FA sama TA…dan hari ini saya ber fikiran di pasar :

    “anda boleh denger siapa saja, apa saja, tapi anda gak boleh percaya siapapun”
    decision is yours

  20. Semangat menulis Pak Parahita khususnya mengenai Valuasi. Semua tulisan Pak Parahita di Blog ini bukan menjadi harga mati ataupun kepastian dalam membeli atau menjual suatu saham. Silahkan membandingkan dengan cara dan pengetahuan anda masing2 yang bisa diperoleh dari Blog yang lain, buku, pengalaman orang lain, situs BEI, situs perusahaan, koran/majalah dan searching di Internet.

  21. Dear all, bagaimanapun juga tulisan pak parahita telah sedikit banyak menjadi salah satu referensi bagi para pemula pencari valuasi saham. Coba search di google, ketika kita mengetik kata kunci ” harga wajar saham ” maka akan menuju ke blogs pak parahita salah satunya. Nah, yang di takutkan ada pemula ketika melihat valuasi yang telah dihitung terdiskon kemudian merasuk menjadi keoptimisan yang luar biasa, karena melihat valuasi yang sangat murah. Saran saya mohon di tuliskan di akhir artikel seperti “Note” ( pengingat ) apa yang harus menjadi unsur kehati hatian. Seperti sifat/karakteristik sahamnya (saham ini bersiko tinggi ), gunakan uang yang tidak terpakai selama 3-4 tahun. memang tujuan pak parahita untuk sharing tp disadari atau tidak ketika pak parahita menulis harga wajar saham x maka bisa jadi ( ini bisa jadi lho ya, bisa iya bisa tidak ) akan di follow oleh yang membacanya. Yang paling bagus memang di tuliskan ” merokok bisa menyebabkan serangan jantung, gangguan kehamilan dll ” atau ” jika anda minum obat ini akan menimbulkan efek samping mual, dan perih ” . Kira kira seperti itulah batasnya.
    Tks

  22. @bew
    Kalau saya menuliskan disclaimer apakah masih kurang?

    Mohon maaf, saya sudah tak kurang-kurang berulangkali menuliskan bagaimana harus berhati2 dalam berinvestasi saham di dalam banyak artikel saya. Apakah Anda terlalu malas untuk membaca dan hanya membaca angka di dalam valuasi dan memutuskan langsung membeli?

    Tolong jangan menjadikan investor lain sebagai pemula dan Anda jadikan bumper argumen Anda.

    Jika tidak setuju dengan apa yang saya kemukakan di sini, silakan menulis blog sendiri. Di sana Anda bisa sesuka hati menuliskan artikel-artikel sesuai dengan kaidah yang Anda kehendaki tersebut.

  23. Bagaimana jika menulis ide, ttng investasi di tambahkan dengan semangat ” perlindungan keamanan dana pokok ” bukan hanya keilmuan saja ( mohon maaf saya orang awam )

  24. @bew
    Dan mengapa saya harus menuruti kemauan Anda?

    Jika tidak cocok dengan apa yang saya paparkan di sini, masih banyak kok sumber informasi di jagad maya ini yang bisa Anda jadikan acuan.

    Btw, topik tentang keamanan dana pokok bisa anda baca di buku yang sangat mudah dicari: The Intelligent Investor. Anda tidak perlu susah-susah mencarinya di sini.

  25. @bew kata2 “saya orang awam” malah akan melemahkan argumentasi anda. itupun jika anda bisa membaca tulisan saya ini :malus

    coba baca semua isi blog ini dulu..

    http://parahita.wordpress.com/2011/03/29/mengenai-saham-komoditas/
    http://parahita.wordpress.com/2011/03/16/ancaman-value-trap-bagi-value-investor/
    http://parahita.wordpress.com/2008/11/15/belilah-saham-karena-nilainya-bukan-harganya/
    http://parahita.wordpress.com/2009/01/05/featured-article-tahankah-anda-terhadap-risiko/

    masih bilang “saya orang awam”? semua hal yg membuat anda advanced ada di blog ini.

  26. Lanjut saja pak..ke hal2x yang lebih konstruktif..
    misal share idea..kayak kemarin …pak parahita membolehkan kita menjadi kontributor di blog,
    asli nya saya kemarin susah siapin analisa CEKA dari ujung ke ujung..saham nya udah ke buru gerak..ya saya trading dulu😀..

    share idea :ex : misal kita bikin database lap keu pribadi, yang seperti bloomberg terminal, tapi ini versi excel gitu jadi kita bisa modifikasi
    saya coba pake smf-addin nya randy hamerlink untuk excell masih dalam tahap percobaan
    kan lumayan kalo bisa kita saling sokong dari pada saling salah menyalahkan.

    Kalo ada yang bisa temenin analisa ADES, bisa dibantu

  27. Stop jangan ditanggapi lagi si bew, yang baca komen dia jadi jengah.
    Toh beliau bukan investor (tidak tahu dan mungkin tidak mau tahu konsep dan praktik investasi di pasar modal), tapi hanya orang kebanyakan yang ingin memperoleh uang secara sim salabim (maksimal copy paste template orang dengan asumsi ceteris paribus). Mohon maaf komentar saya sangat keras karena ybs benar2 mengganggu kelas ini. Maju terus Oom Parahita…

  28. mohon maaf, saya tergelitik untuk menanggapi mengenai KKGI, sebenarnya patokannya adalah pada diri sendiri. kita sendiri yang harus lebih bijak ketika ingin masuk ke dalam pasar modal ini. saya juga termasuk salah satu yang ibaratnya stop loss di KKGI (karena posisi strategi saya) tetapi ketika harga saham mulai meluncur ke bawah tentunya kita harus punya Staregi Stop Loss, dimana kita semestinya mampu untuk membatasi kerugian kita.

    walaupun banyak mendengar mengenai KKGI ini, dan begitu banyak sekali yang memberikan tips-tips yang hot, ketika saya masuk dan ternyata harga nya turun, yang saya lakukan setelah STOP LOSS, adalah meng-evaluasi kembali apa yang salah dan kemudian pelajari kembali apa yang menjadi penyebab turunnya. apakah harus menyalahkan orang atau pihak lain? tidak pernah terlintas sedikitpun di benak saya, mengapa? karena keputusan membeli berasal dari saya pribadi dan saya pribadi yang bertanggung jawab atas apapun hasil yang saya perbuat.

    saya pribadi merasa sangat bermanfaat membaca blog ini, bukan sebagai alat keputusan untuk berinvestasi tetapi sebagai salah satu informasi / alat bantu pertimbangan kita dalam menentukan kemana arah strategi investasi kita. kebanyakan yang saya tahu, saya lihat, saya amati disekitar kita adalah kebanyakan ingin mendapatkan “one time shot’ atau kepastian atau sinyal beli, padahal kita semua tahu bahwa tidak ada yang tepat 100 %. jadi timbang repot-repot untuk mau cape-cape melakukan analisa, biasanya mau shortcut saja. semoga ini dapat jadi bahan pertimbangan untuk mau mengevaluasi kembali diri kita sendiri. mohon maaf atas panjangnya komentar ini.

    semoga bermanfaat.

  29. Hehehehe………Trims Pak Parahita berbagi ilmunya yang luarbiasa, silahkan teruskan tulisan2nya Semua keputusan berdasarkan diri sendiri, jadi resiko apapun menjadi tanggung jawab sendiri seharusnya.
    we love 1% people.

Leave a Reply

