Gallery

Memahami Unsur-Unsur dalam Analisis Rasio Keuangan

Salah satu kesulitan yang sering saya temui dalam melakukan analisis rasio keuangan suatu perusahaan adalah banyaknya jumlah rasio yang ada. Hal tersebut membuat saya berpikir untuk membuat sebuah framework agar kita dapat lebih mudah dalam melakukan analisa.

Framework tersebut adalah sebagai berikut:

Kita dapat menggolongkan rasio keuangan dalam empat kelompok untuk mempermudah analisis.

  1. TANAH, melambangkan struktur modal dari suatu perusahaan. Rasio/angka yang masuk dalam kategori ini adalah DER dan Current Ratio.
  2. API, melambangkan bahan bakar agar perusahaan dapat terus tumbuh. Rasio/angka yang masuk ke dalam kategori ini adalah Earning Growth, ROE, dan Net Profit Margin.
  3. UDARA, melambangkan pendamping API agar dapat terus menyala. Rasio/angka yang masuk ke dalam kategori ini adalah Free Cash FlowEarning Quality (Operating Cash Flow / Net Income), dan Dividend.
  4. AIR, melambangkan aliran darah bagi perusahaan. Rasio/angka yang masuk ke dalam kategori ini adalah Assets Turnover dan Cash Conversion Cycle.

Agak terlalu mengkhayal memang dan kemungkinan akan mendapatkan banyak kritik. Walaupun begitu, bagi saya framework ini cukup membantu dalam melakukan analisis.

7 thoughts on “Memahami Unsur-Unsur dalam Analisis Rasio Keuangan

  1. Pak kumis (he he he), saya tertarik nie kerangka berpikirnya. Bisa gak dijelaskan lebih lanjut, urgensinya tanah-air-api-udara di kerangka ini. Soalnya elemen2nya kan penting semua, dan harus satu kesatuan. tetapi paling gak ada kan satu elemen yg hrs mendapat perhatian lebih. tolong dijelaskan lebih lanjut donk pak.

  2. Menurutku hebat pak. Tidak ada elemen yang paling penting semuanya saling melengkapi. Seperti Yin dan Yang. Kuncinya keseimbangan untuk kemajuan perusahaan yang stabil dan konsisten

  3. ini ide yang hebat pak parahita, metode bapak membantu analisis saham secara sistematis untuk tambahan metode piotroski yang dulu bapak sudah pernah bahas, juga hampir mencakup pak, tapi mungkin metode ini kita perlu test dengan statistik untuk menjadi tambahan jurus mumpuni seperti piotroski.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s