Gallery

The BEI Super Companies

Tidaklah mudah untuk menakhodai sebuah perusahaan terlebih ketika krisis melanda. Kondisi ekonomi tidak selalu cerah dan pertumbuhan suatu bisnis tidaklah selalu semulus yang diperkirakan. Setiap waktu kita seringkali mendengar adanya peluang bisnis baru yang menjanjikan. Walaupun begitu, tidak kalah seringnya pula kita membaca di surat kabar tentang kejatuhan suatu bisnis.

Membangun sebuah bisnis dari awal selalu akan dipenuhi oleh semangat. Segala daya upaya akan dilakukan agar bisnis yang sedang dirintis akan terus melaju. Sayangnya, menurut pengamatan saya hanya sekitar 10% – 20% bisnis yang benar-benar berhasil. Bisnis yang baru berdiri ibaratnya anak-anak penyu yang baru menetas dan berjuang untuk pergi ke laut. Langkah-langkah awal kehidupan mereka sudah dihadang oleh berbagai ujian. Hanya sebagian kecil dari mereka yang berhasil mengarungi lautan. Begitu pula sebuah bisnis yang baru lahir. Kecerobohan pengelolaan dan kondisi ekonomi yang tidak kondusif akan menjadi potensi penjegal kelangsungannya.

Oleh karena itu lah kita patut memberikan apresiasi terhadap suatu bisnis yang dapat bertahan cukup lama. Memiliki sebuah bisnis yang menguntungkan untuk  1-2 tahun jelas sangat berbeda dengan mengelola bisnis yang terus menguntungkan selama belasan bahkan puluhan tahun. Tidaklah mudah untuk membawa kapal untuk mengarungi samudera yang tidak dapat ditebak suasana hatinya. Jika sebuah perusahaan dapat bertahan pada kondisi apapun, patutlah kita mengangkat topi.

Apakah ada perusahaan seperti itu di BEI? Jawabannya: Ada. Berapa jumlahnya? Mari kita lihat tabel berikut:

Ada 9 emiten yang mampu untuk tumbuh labanya secara konsisten selama 9 tahun terakhir. Kesembilan perusahaan tersebut mampu membuktikan bahwa mereka tidak hanya bisa memberikan keuntungan namun juga menumbuhkan keuntungannya dari tahun ke tahun bahkan ketika krisis global mengamuk pada tahun 2008.

Saya teringat pada kata-kata Lo Kheng Hong ketika diwawancarai oleh sebuah surat kabar. Ia mengatakan bahwa sebuah perusahaan tumbuh labanya selama 5 tahun berturut-turut adalah sebuah super company. Kesembilan saham di dalam tabel tidak hanya mampu untuk terus tumbuh selama 5 tahun. Mereka mampu terus tumbuh labanya selama 9 tahun berturut-turut.

Satu hal yang mengusik saya adalah rasa penasaran untuk mengetahui apakah yang membuat mereka mampu menjadi seperti itu. Apakah mereka mempunyai keunggulan yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain ataukah hanya nasib baik belaka?

Jika seandainya kita lebih pemaaf dan memberikan keringanan dalam memilih Super Companies, ada 18 perusahaan lain yang juga sangat tangguh dalam menumbuhkan bisnisnya. Perusahaan-perusahaan ini hanya mengalami sekali penurunan laba selama 9 tahun terakhir dan dengan cepat mampu untuk recover dan terus melaju.

Kesembilan Super Companies ditambah dengan 18 perusahaan terakhir layak untuk dianalisis dengan lebih mendalam.

Next article: The Rising Stars: Perusahaan yang mulai tumbuh dan berpeluang menjadi The Next Super Companies.

4 thoughts on “The BEI Super Companies

  1. suhu dunkz tanya dong. utk dapetin data LK smpe 10 thn ke blkg bisa pake web apa yak??
    soalnya di FT.com cm dapet smpe 5 tahun aj..
    mohon bantuannya suhu dunkz..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s