Gallery

KKGI: The Black Diamond

Sumber: http://www.climateshifts.org/?p=6176

Seperti halnya perusahaan batubara lain, KKGI pun memberikan kinerja yang cukup mengesankan. Saat ini KKGI merupakan produsen batubara terbesar ke-10 di Indonesia dengan usia tambang baru 5 tahun. Umur tambang KKGI terbilang muda karena produsen batubara lainnya yang lebih besar memiliki umur tambang lebih dari 10 tahun. Nilai plus dari KKGI adalah adanya penerapan JORC yang merupakan standar pelaporan atas sumber daya, cadangan, dan hasil eksplorasi.

Sekitar 91% hasil tambang KKGI diekspor dengan negara tujuan utama Cina (72.4%) dan Korea (20.1%).

Prospek: dimulainya pembukaan blok-blok utara yang level kalorinya lebih tinggi sehingga berpotensi untuk dijual dengan harga yang lebih tinggi.

Bagaimana dengan kinerjanya?

Terlihat bahwa selama beberapa tahun terakhir KKGI memberikan kinerja yang sangat impresif. Baik revenue, operating income, net income dan free cash flow meningkat tajam. Dengan level ROE 69% dan DER yang menurun drastis, KKGI terlihat cukup menjanjikan.

Bagaimana dengan valuasinya?

*valuasi akan di re-evaluate karena dampak penurunan harga batubara sepertinya cukup signifikan berpengaruh terhadap kinerjanya.

Saya mencoba untuk berlaku konservatif dengan:

  • Mengasumsikan harga jual ($56.8 per ton) dan COGS ($26.1 per ton) tahun 2012 sama seperti harga  tahun 2011. Dalam slide presentasinya, KKGI mengestimasikan adanya kenaikan harga jual.
  • Sesuai dengan estimasi perusahaan, diperkirakan pada tahun 2012, produksi mencapai 6 juta ton. Saya mendiskon estimasi produksi menjadi 5.25 juta ton untuk mengantisipasi penurunan demand batubara dunia.
  • Projected PER menggunakan PER terendah selama 5 tahun terakhir yaitu 14.33.  FYI, PER rata-rata sebenarnya adalah sekitar 18x.
  • Melakukan diskon yang gila-gilaan terhadap potensi growth menjadi hanya 15% (FYI: selama 4 tahun terakhir CAGR net income adalah 122%).

Berdasarkan asumsi-asumsi tersebut, maka EPS pada tahun 2012 saya perkirakan adalah 726 sehingga harga wajar KKGI berada di level 9,437 yang memberikan margin of safety sebesar 23%. (update note: saya akan melakukan valuasi ulang mengingat risiko penurunan harga telah terjadi).

Apa risiko utama KKGI?

  • Penurunan harga batu bara
  • Tingkat produksi di bawah target

Kedua risiko tersebut telah difaktorkan di dalam perhitungan valuasi.

Bagaimanapun, walaupun valuasi KKGI cukup menarik, kita tetap harus mewaspadai risiko-risiko tersebut.

Update: Setelah mengamati perkembangannya, tampaknya risiko penurunan harga telah mewujud dan harap lebih berhati-hati.

 Disclaimer is on.

14 thoughts on “KKGI: The Black Diamond

  1. Hi Bro Parahita, btw thx undangannya😀. KKGI ini memang menarik, valuasi saya dengan asumsi growth 15% tidak berbeda jauh dengan anda, sekitar 10 rb an. Dari laporan keuangannya (ROA dan ROE) kita bisa mengasumsikan bahwa capex KKGI cukup rendah dan ini didukung dari komentar perusahaan yang mengatakan sbb : “KKGI termasuk perusahaan yang memiliki capex rendah. Hal ini disebabkan oleh model bisnis yang dibangun oleh KKGI sehingga sebagian besar Capex ditanggung oleh kontraktor2”. Kira2 apakah bro Parahita atau teman2 lain tahu bagaimana /seperti apa model bisnisnya? dan apa bedanya dengan model bisnis perusahaan batubara lain?

    thx

  2. @marciano
    Perlu dicek nih model bisnisnya. Btw, invitation sudah accepted tapi kok belum masuk sebagai user ya?
    Sementara saya delete. Minta emailnya ya?

  3. nice article pak parahita
    dari artikelnya ekspor kkgi ke cina sangat besar sekali
    dan Ekonomi China pun mulai melambat
    bagaimana pendapat pak parahita mengenai hal tsb?
    utk coal reserves KKGI dibanding emiten lain kira2 gimana pak?
    sukses selalu pak utk Investing Ideasnya😀

  4. Pak Parahita, data laporan keuangannya didapat dari mana?
    Sy coba cek di jsx, reuter, bloomberg, tp data laporan keuangannya beda angkanya dgn laporan keuangan disini.

  5. Trims,
    Tapi pak sy mau tanya knp ya sejak 15maret2012, saham KKGi diguyur hbis2an, volumenya cukup bsr (biasanya volume besr=big fund lepas KKGI), bagaimana pak melihat ttg ini, bagi dong pendaptnya..?

    Trs pak menulis, 2 resiko utk KKGI, penurunan hrg dn tingkat produksi, tp sy ada dgr info kalo demand bt bara dari China bakal menurun krn di Mongolia sndiri, mereka sdh mulai mau produksi bt bara sndiri, dn hal ini bukankah akan mengancam penjualan KKGI (ekspor KKGI ke China cukup besar).

    Mohon penjelasannya pak Parahita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s