Gallery

BBRI: Valuation Update

Beberapa waktu yang lalu saya telah menulis artikel tentang valuasi BBRI. Walaupun masih realistis, saya akui saya cukup agresif dalam melakukan valuasi dengan memberikan proyeksi PER 17x dan growth 15%. Untuk growth 15% sepertinya masih relevan. Kali ini saya akan mencoba untuk lebih konservatif dengan memberikan proyeksi PER hanya 12x.

Apa lagi?

Saya memasukkan faktor penurunan BI rate ke dalam perhitungan. Tanggal 9 Februari, BI menurunkan BI rate ke level 5,75%. Akibatnya, risk premium yang digunakan dalam valuasi turun menjadi 14,35% (dan saya belum juga memasukkan faktor masuknya Indonesia ke dalam investment grade).

Mari kita lihat hasilnya:

Kita mendapatkan nilai 8.480 yang berpotensi memberikan kita imbal hasil 14,35% per tahun. Namun apabila kita membeli di harga saat ini (6.800), maka potensi imbal hasil per tahun naik menjadi 19,51% dengan margin of safety 19,81%.

Disclaimer is on.

3 thoughts on “BBRI: Valuation Update

Leave a Reply

