Gallery

Leverage, Leverage, Leverage…

Leverage berasal dari kata “lever” yang artinya “pengungkit”.  Ketika belajar di sekolah menengah, kita telah mengenal konsep pengungkit. Adanya pengungkit memungkinkan kita untuk mengangkat benda yang berat. Mari kita melihat gambar di bawah ini.

Sumber: Cool-Science-Projects.com

Dengan ukuran batu sebesar itu, tak terbayangkan orang tersebut kuat untuk mengangkatnya. Beruntung, manusia dikaruniai akal sehingga bisa menemukan alat sederhana yang dikenal dengan nama pengungkit. Batu yang berat tersebut pun bisa terangkat.

Konsep leverage pun bisa diterapkan dalam bisnis. Apabila modal yang dibutuhkan untuk membuka suatu usaha adalah 20 juta rupiah sementara kita hanya memiliki uang 10 juta rupiah, maka kita memiliki dua pilihan. Pilihan pertama adalah tidak jadi membuka usaha karena tidak memiliki cukup uang. Pilihan kedua adalah meminjam uang untuk menutupi kekurangan modal. Uang hasil pinjaman inilah yang disebut dengan leverage. Secara lebih spesifik, kita menyebutnya financial leverage.  Rasio keuangan yang biasa digunakan untuk menyatakan besarnya financial leverage adalah debt to equity ratio (DER).

Selain financial leverage, kita mengenal juga yang disebut dengan operating leverage. Jenis pengungkit ini walaupun terdengar agak asing namun sangat penting untuk diketahui. Di dalam operasional suatu bisnis, dikenal biaya tetap dan biaya variabel. Biaya sewa gedung, gaji karyawan, dan depresiasi  nilainya akan tetap berapapun jumlah barang yang diproduksi sehingga disebut dengan biaya tetap. Sementara itu, biaya pembelian bahan baku dan biaya pengiriman barang nilainya akan sebanding dengan jumlah barang yang diproduksi sehingga disebut dengan biaya variabel.

Umumnya, semakin tinggi biaya tetap, semakin besar risiko operasionalnya. Mengapa? Apabila penjualan anjlok, perusahaan tetap harus membayar gaji pegawai dan sewa gedung. Pada kondisi terburuk, perusahaan akan terancam bangkrut apabila tidak memiliki uang untuk menutup biaya tetap. Untuk mengetahui nilai besarnya operating leverage, kita bisa memanfaatkan DOL (Degree of Operating Leverage). Bagaimana cara menghitungnya?

DOL = ∆%EBIT / ∆%Sales

EBIT = Earning Before Interest & Tax. Nilainya hampir sama dengan operating income.

Semakin tinggi DOL, semakin tinggi operating leverage-nya.

Sebagai contoh, kita akan menghitung DOL dari Astra Otoparts (code: AUTO).

Sales AUTO tahun 2009 dan 2010 berturut adalah 5,3T dan 6,3T. Dengan demikian dapat diketahui ∆%Sales = (6,3 – 5,3) / 5,3 = 18,9%. Sementara itu, EBIT AUTO pada tahun 2009 dan 2010 berturut-turut adalah 415M dan 573M sehingga diperoleh ∆%EBIT = (573 – 415) / 415 = 38,1%.

Maka, DOL AUTO = 38,1% / 18,9% = 2,02.

Apa artinya?

Jika penjualan AUTO naik 1%, maka EBIT-nya akan naik sebesar 1% x 2,02 = 2,02%. Semakin besar DOL, semakin besar pengaruh kenaikan penjualan terhadap kenaikan EBIT. Operating leverage yang terlalu tinggi akan menyebabkan laba menjadi tidak stabil karena perubahan sedikit saja pada penjualan akan berpengaruh besar terhadap besarnya laba. Di sisi lain, biaya tetap akan sangat menguntungkan ketika penjualan naik tajam karena perusahaan tidak harus mengeluarkan biaya tambahan yang berkaitan dengan biaya tetap.

Di situlah persamaan antara financial leverage dengan operating leverage. Adanya biaya tetap sebagai tambahan kekuatan akan membuat kinerja operasional meningkat secara signifikan.  Pada financial leverage, besarnya bunga yang harus dicicil jumlahnya tetap.  Sementara itu, pada operating leverage ada biaya tetap yang berkaitan dengan operasional.  Suatu bisnis dikatakan berisiko tinggi apabila baik financial leverage maupun operating leverage nilainya sangat tinggi. Keduanya akan membuat perusahaan bertekuk lutut ketika ekonomi memburuk karena tidak dapat membayar kewajibannya.

One thought on “Leverage, Leverage, Leverage…

  1. Pingback: Rasio & Valuation Sheet v1.4 | Pojok Ide Investasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s