Gallery

Bagaimana Faktanya? (Bag. 3): Price to Earning-Growth (PEG) Ratio

Rasio Price to earning-growth (PEG) mungkin melambung popularitasnya berkat Peter Lynch, salah seorang manajer investasi yang paling sukses. Mengapa PEG ratio dianggap penting? Jika seseorang mengatakan bahwa PER suatu saham adalah 15x, maka seandainya laba bersihnya terus tetap dari tahun ke tahun, maka dibutuhkan waktu 15 tahun agar ‘balik modal’ (dengan asumsi seluruh laba bersih dibagikan sebagai dividen). Tentu saja kenyataannya tidak seperti itu. Perusahaan yang bagus akan terus naik laba bersihnya dari waktu ke waktu sehingga untuk balik modal memerlukan waktu kurang dari 15 tahun. Secara logika, semakin tinggi tingkat pertumbuhan laba, semakin cepat balik modalnya.

Walaupun begitu, biasanya amat jarang perusahaan yang dapat mempertahankan pertumbuhan yang tinggi dalam jangka panjang. Oleh karena itu disarankan untuk menggunakan asumsi tingkat pertumbuhan jangka panjang tidak lebih dari 15%. Peter Lynch mengatakan bahwa dia akan mencari saham-saham dengan PEG ratio kurang dari 1. Semakin rendah, semakin bagus. Peter Lynch sendiri dapat mentoleransi growth sebesar 50% atau dengan kata lain ia mengijinkan suatu saham untuk memiliki PER sebesar 50x. Sayangnya seperti yang telah kita lihat di artikel sebelumnya, di BEI saham-saham dengan PER 50x tidak memberikan imbal hasil yang memuaskan.

Artikel tentang strategi investasi Peter Lynch dapat dibaca di sini.

Bagaimana kenyataannya di BEI?

Sumber: http://www.ft.com & http://www.reuters.com, diolah

Sekilas terlihat bahwa apa yang dikatakan oleh Peter Lynch ada benarnya. Di masa ekspansi, saham-saham dengan PEG kurang dari 0,3x memberikan performa yang lebih bagus dibandingkan dengan saham-saham dengan PEG yang lebih tinggi. Di masa krisis pun, angka PEG di 0,3x ini pun kembali muncul walaupun perbedaan imbal hasilnya tidak sekontras di masa ekspansi.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa saham-saham dengan PEG ratio > 5 adalah a big no, baik di masa ekspansi maupun di masa krisis.

Disclaimer is on.

Street Investing: Fundamental analysis for everyone…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s