Gallery

Korelasi IHSG dengan Indeks Bursa Saham Lain

Apakah Anda ketakutan ketika pada malam hari sebelumnya DJIA berwarna merah darah?  Apakah Anda dag dig dug ketika menjelang sore, indeks bursa saham Eropa mulai berguguran? Apakah Anda ketar-ketir ketika di pagi hari mengetahui indeks bursa saham regional mulai menurun?

Sepertinya Anda banyak yang menemani🙂 Tidak sedikit investor yang terpengaruh oleh naik turunnya indeks bursa saham di negara lain. Selama ini yang menjadi acuan para investor adalah DJIA (Dow Jones Industrial Average). Naik turunnya DJIA pada malam sebelumnya akan mempengaruhi kondisi psikologis para investor. Hal ini sebenarnya bisa dimaklumi karena DJIA mewakili Amerika Serikat yang notabene merupakan negara super power. Perubahan kondisi ekonomi di AS sedikit banyak akan mempengaruhi negara lain.

Lalu bagaimana dengan faktanya?

Untuk mengetahui yang sebenarnya, kita bisa mencari korelasi IHSG dengan indeks bursa saham negara lain. Korelasi ini akan bernilai antara -1 sampai dengan 1. Apabila korelasi antara IHSG dengan indeks lain bernilai -1, hal tersebut berarti pergerakan IHSG berlawanan 180 derajat dengan indeks tersebut. Apabila nilai korelasinya 1, maka pergerakan IHSG nyaris sama persis dengan indeks tersebut. Lalu bagaimana jika korelasinya 0? Artinya kedua indeks bursa saham tersebut tidak ada kaitannya.

Mari kita lihat data korelasi harian dari tahun 2000 sampai dengan tahun 2011:

Sumber: Yahoo! Finance, diolah

Terlihat bahwa sejak tahun 2000, korelasi IHSG dengan indeks lainnya cenderung meningkat. Dari tahun ke tahun nilai korelasinya memang turun naik, namun jika dilihat dalam jangka panjang, korelasinya semakin kuat. Dari grafik terlihat bahwa korelasi terkuat IHSG adalah STI (Strait Times/Singapura) dan HSI (Hang Seng/Hong Kong). Khusus untuk tahun 2011, nilai korelasi IHSG dengan indeks lainnya sebagian besar menurun kecuali HSI dan SSEC (Shanghai ) yang masing-masing bernilai 0,67 dan 0,39. Selain menunjukkan kecenderungan menguat, korelasi IHSG dengan HSI juga sangat kuat dibandingkan dengan korelasi IHSG dengan indeks lain.

Yang cukup mengejutkan, korelasi IHSG dengan DJIA ternyata sangat rendah. Terlihat bahwa nilai korelasi IHSG dengan DJIA paling tinggi hanya 0,34 yang terjadi pada tahun 2009. Sepanjang tahun 2011 (s.d bulan Agustus), korelasi IHSG dengan DJIA hanyalah 0,01. Dengan kata lain, pergerakan IHSG tidak terlalu dipengaruhi oleh pergerakan DJIA.  Mungkin data ini agak susah untuk dipercaya ya. Mau bagaimana lagi?

Jika grafik di atas terlihat susah untuk dibaca, ada baiknya kita menyajikannya dengan cara yang berbeda.

Sumber: Yahoo! Finance, diolah

Saya mencoba menyajikan nilai korelasinya dalam bentuk range. Untuk STI misalnya, korelasinya dengan IHSG selama tahun 2000 s.d 2011 berkisar antara 0,26 s.d 0,76. Berdasarkan grafik di atas, kita bisa mengetahui bahwa dalam kurun waktu 11 tahun terakhir, pergerakan IHSG sangat berkaitan dengan pergerakan STI dan HSI. Walaupun begitu, korelasi IHSG dengan HSI memiliki range yang sangat lebar (0,13 s.d 0,76). Seperti yang telah diutarakan sebelumnya, korelasi IHSG dengan DJIA terlihat rendah, yaitu antara -0,14 s.d 0,34.

Jadi bagaimana?

Semoga setelah melihat data di atas, kita dapat tidur lebih tenang di malam hari tanpa terlalu memikirkan tingkah polah DJIA🙂

2 thoughts on “Korelasi IHSG dengan Indeks Bursa Saham Lain

  1. Apakah cara menghitungnya seperti menghitung beta ? dimana persentase index yg lain dibagi dengan persentase index jakarta ( DJI/jkse) . pd grafik yg mas parahita buat terlihat bahwa korelasi ihsg kecenderungannya terhadap STI dan HSI nilainya mendekati 1 tapi gimana kecenderungan antara DJI/STI dan DJI/HSI ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s