Gallery

Dan Kita Berlari Sangat Kencang

Walaupun penggunaan GDP sebagai indikator pertumbuhan masing sering diperdebatkan, ada baiknya kita cobe mereview bagaimana dunia tumbuh selama satu dekade terakhir.Apa yang kita rasakan adalah bahwa negara-negara Asia tumbuh dengan sangat pesat yang dipimpin oleh Cina dan India. Mari kita perhatikan bagaimana GDP tumbuh di berbagai belahan dunia. Data diambil dari IMF World Economic Outlook Database April 2011. Chart di bawah menunjukkan akumulasi pertumbuhan dari tahun 2000 hingga tahun 2010.

Tampak bahwa sejak tahun 2000, grup Developing Asia tumbuh jauh lebih kencang dibandingkan dengan grup negara lain. Secara akumulatif kita melihat bahwa selama satu dekade negara-negara berkembang di Asia (termasuk Cina dan India) tumbuh sebesar 141%. Negara-negara ASEAN pun tumbuh cukup pesat.

Krisis 2008 tampaknya cukup kuat memukul negara-negara maju. Terlihat pada grafik sejak tahun 2008, pertumbuhan ekonomi negara-negara G7 dan Eropa stagnan.

Di kawasan ASEAN, gambarannya adalah sebagai berikut:

Luar biasa memang. Vietnam terlihat paling tinggi pertumbuhannya (115%). Indonesia berada di tempat ketiga setelah Singapore dengan mencatatkan pertumbuhan GDP kumulatif sebesar 75%. Setelah terhantam krisis global tahun 2008, Malaysia dan Thailand pulih dan akhirnya menyusul negara-negara ASEAN yang lain.

IHSG melaju kencang? Tidak heran saya.

2 thoughts on “Dan Kita Berlari Sangat Kencang

  1. Pingback: Berapakah Nilai Wajar IHSG? | Pojok Ide Investasi

  2. Pingback: McKinsey: Indonesia Akan Menjadi Kekuatan Ekonomi ke-7 Tahun 2030 | Pojok Ide Investasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s