Gallery

Valuasi Saham LQ45 Part II: BBRI

Emiten anggota LQ45 kedua yang akan kita bahas adalah BBRI. Kinerja BBRI 5 tahun belakangan ini cukup cemerlang. Seperti yang kita ketahui, BBRI memiliki jaringan yang luas sampai ke pedesaan dan hal tersebut menjadi keunggulan tersendiri karena tidak banyak bank yang mampu untuk melakukan hal yang sama.

Chart di bawah akan kita pergunakan untuk melakukan sedikit review tentang kinerja BBRI:

Terlihat bahwa kinerja BBRI cukup bagus selama beberapa tahun terakhir. Baik revenue, net earnings maupun equity-nya cenderung terus meningkat. Nilai plus lainnya adalah tingginya ROE yang konsisten berada di atas 20%.

Bagaimana dengan valuasinya?

Dengan fair value sebesar 10,171, terlihat bahwa BBRI masih cukup menarik untuk dibeli. Saat ini saham BBRI diperdagangkan di level 6,650 atau dengan kata lain terdapat safety margin sebesar 34.62%.

Disclaimer is on.

6 thoughts on “Valuasi Saham LQ45 Part II: BBRI

  1. Pak Parahita,
    Mohon ditampilkan worksheet ratio nya, sebagian angka2 valuation di sy beda Pak. Sy coba cek worksheet rationya Pak.
    Terima kasih.
    Salam

  2. pak saya masih newbie di dunia saham,
    saya ingin bertanya projected share price sama total stock price itu diperoleh dari mana ya pak??trims

  3. Pak Prahita,
    Newbie nih, step2 yg bapak paparkan sangat jelas, tp tolong bahas juga cara membaca laporan keuangan sehingga bisa menjadi table yg mudah dibaca seperti yang bapak buat diatas

  4. Maaf Pak,

    Saya kebetulan jg melakukan valuasi terhadap BBRI, dan saat saya bandingkan kok angka valuasi saya berbeda agak jauh ya dgn valuasi Bapak? Saat saya cek, ternyata Bapak mengambil Projected PER utk 5 tahun ke depan sebesar 17%. Bila saya masukkan Projected PER 17% dalam valuasi saya, ternyata hasilnya mirip (saya menggunakan Projected PER 12%). Yang saya tanyakan, apakah tidak terlalu optimistis mengambil projected PER 17% sedangkan selama ini PER BBRI hanya sekitar 10-12%? Terima kasih.

  5. Saya terkadang memberikan per yang kebih tinggi untuk perusahaan yang prospektif. Itulah gunanya melakukan analisis fundamental secara mendalam sebelum melakukan valuasi.

Leave a Reply

