Gallery

Valuasi Saham LQ45 Part I: INTP

Memburuknya kondisi ekonomi AS belakangan ini yang menyebabkan Dow Jones Industrial Average (DJIA) terkoreksi cukup dalam kemungkinan akan menyebabkan IHSG terkena imbasnya. Saat-saat seperti ini bisa menjadi peluang bagi kita untuk membeli saham-saham blue chip yang memiliki kondisi fundamental bagus dengan harga yang cukup murah. Cara paling mudah untuk mencari saham blue chip adalah dengan mengintip saham-saham yang masuk ke dalam daftar saham LQ45.

Pada artikel ini, saya akan mencoba untuk melakukan valuasi terhadap INTP yang merupakan perusahaan yang bergerak di sektor semen. Kondisi keuangannya selama lima tahun terakhir adalah sebagai berikut:

Terlihat bahwa revenue, operating profit dan net earnings selama lima tahun terakhir naik dengan konsisten. Tidaklah heran equity-nya pun terus meningkat. Sementara itu kita melihat bahwa INTP dengan agresif mengurangi utangnya sehingga Debt to Equity ratio-nya turun secara signifikan. Dengan ROE sebesar 24%, INTP potensial untuk masuk ke dalam portfolio investasi kita.

Sementara itu, valuasi INTP adalah sebagai berikut:


Dengan fair value 16,550, terdapat margin of safety sebesar 10,34%. Tampaknya INTP memang cukup menarik untuk kita koleksi.

Note: Mohon maaf ada kekeliruan pada perhitungan sebelumnya. Hal ini dikarenakan data ft yang misleading.

Disclaimer is on.

10 thoughts on “Valuasi Saham LQ45 Part I: INTP

  1. INTP ini memang blue chip yang bagus utk dikoleksi long term, tapi kadang gatal juga kalau lihat berbulan2 dia dalam posisi sideways terus…

  2. pak, ini eps-nya salah spertinya.. saya lihat di etrading, eps kuartal 2/2011, cuma Rp 468. jd fair value INTP ngga sebesar ini, pak..

  3. Saya ingat2 dulu waktu bikin estimasi saya menggunakan proyeksi. Sehingga estimasinya tidak sesimpel 2 x EPS H1.
    Tadi setelah saya cek2 ternyata saya kena dikerjain sama ft. Dia kasih data Q2 ternyata sudah gabungan padahal biasanya sudah dipisahkan.

    Tks all untuk koreksinya.

  4. maaf pak, maksud saya, bukan eps di kuartal 2, tapi di semester 1/2011. saya liat eps intp di etrading utk H1/2011 = 468. kadi estimasi utk eps setahun = 468 x 2 = 936, bukan 1408, pak.
    CMIIW.. thanks..

  5. maaf pak, saya ngga baca comment bapak di atas tadi..🙂 jadi fair value INTP skitar 11700 ya pak, sdh terlalu mahal di harga 15000 skrg ini.. harus sabar nunggu lg utk bs dpt saham bagus dgn harga murah..🙂

  6. utk PER projection INTP, pakai 17 ya pak? kalau saya pakai 12, karena PER skrg INTP < 20.

    saya msh suka ragu utk menentukan PER projection ini. Akhirnya lbh sering pakai 12 saja, krn rata-rata saham bagus di BEI, PER-nya msh di bwh 20 (patokan saya buku investing ideas bapak, hal 144-145) : Jika rasio P/E lbh dr 20, gunakan proyeksi rasio P/E 17. Jika rasio P/E kurang dr 20, gunakan proyeksi rasio P/E 12.

    maaf kalau saya jd banyak pertanyaan, pak..🙂

Leave a Reply

