Gallery

Jadi Mana Yang Melambung?

Beberapa hari terakhir IHSG terus menorehkan rekor baru. Setelah menembus level psikologis 4.000, IHSG terus melaju ke level 4.174,11 pada hari ini. Walaupun secara keseluruhan naik, masing-masing industri memberikan kinerja yang berbeda-beda. Mari kita perhatikan data pada tabel berikut:

Selama 3 bulan terakhir, aneka industri (misc. industry) tampak paling perkasa. Penggerak pada industri ini adalah ASII (Astra International). Terlihat bahwa industri infrastruktur mengalami peningkatan yang paling rendah yaitu 2,36%. Jika kita perpanjang waktu pengamatan kita, ternyata memang aneka industri selama satu tahun terakhir cukup pesat peningkatannya. Walaupun industri perdagangan memberikan peningkatan tertinggi untuk jangka waktu 1 tahun, namun jika dilihat dari berbagai periode, aneka industri terlihat paling konsisten kenaikannya.

Dari chart di atas, kita bisa melihat tren kinerja bulanan masing-masing industri. Terlihat bahwa trade, consumer, finance, dan misc. industry terus meningkat selama 6 bulan terakhir. Agriculture sendiri terlihat melemah pada bulan terakhir.

Yang menjadi PR kita adalah memeriksa apakah bagusnya kinerja industri-industri tersebut selaras dengan kondisi fundamentalnya. Jika tidak ya hati-hati saja🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s