Gallery

Ratio & Valuation Sheet v1.3

Setelah sekian lama akhirnya sempat juga saya meng-update ratio and valuation sheet. Spreadsheet ini merupakan kelanjutan dari versi sebelumnya (v1.1 dan v1.3).

Apa yang baru di spreadsheet ini?

Yang pertama adalah penambahan sheet untuk melakukan screening saham sesuai dengan metode yang digunakan oleh Benjamin Graham. Ada sedikit modifikasi terhadap screening aslinya namun tidak mengurangi esensinya. Pada sheet tersebut saya tidak memberikan kesimpulan akhir namun idealnya seharusnya seluruh persyaratannya dapat dipenuhi. Penjelasan terperinci mengenai metode screening ada di artikel sebelumnya di sini.

Update kedua adalah adanya sheet untuk menghitung Piotroski F-Score.  Penjelasan yang lebih terperinci mengenai cara perhitungannya ada di artikel sebelumnya di sini.

Filenya dapat diunduh di:

http://www.mediafire.com/?na1qofkks6k5sfc

Mohon maaf untuk file yang sebelumnya ada kesalahan.

11 thoughts on “Ratio & Valuation Sheet v1.3

  1. sptnya toolsnya tambah rumit dan lama untuk analisa tiap-tiap saham. 400-an saham.
    ada yg cepat nga pak? mungkin cara magic formuladi buku bapak bisa dibuatkan toolsnya? thx

  2. dear pak Parahita,

    Saya coba liat Ratio & Value Sheet v1.3. Mohon klarifikasi:

    1. Untuk worksheet Valuation, untuk Est EPS (EOY) nilai 2480 adalah nilai EPS thn 2009 sehingga perhitungan harga wajar sahamnya untuk tahun 2010 padahal kita kan pengen prediksi harga akhir 2011?
    Knp tidak ambil data reuters yang est untuk end of year 2011 Pak ? Sehingga kita dapat nilai prediksi harga akhir 2011. Tentu jika ambil data ini proyeksi EPS di worksheet valuation cell D22 rumusnya tidak pake pangkat 2 yaa Pak? cukup (1+$D$16)*$D$7.

    2. Rumus Long-term P/E (proj.) di worksheet Valuation : hasilnya knp 18.77, sementara di cell D8 avarage P/E kan 12.57 sehingga Long-term P/E (proj.) harusnya 12 kan Pak? berarti rumusnya perlu diperbaiki Pak ? mohon penjelasannya.

    Terima kasih sebelumnya.

    salam

  3. @apig
    Coba pakai equity screeningnya ft
    @badi
    wah, iya. Kayanya source filenya sempet saya utak-atik dulu. Sudah diperbaiki. Silakan diunduh lagi

  4. dear pak Parahita,

    Terima kasih updatenya.

    Untuk worksheet valuation cell d7 Est EPS (EOY) sy liat rumusnya mengambil data EPS 2010 dikalikan dengan growth EPSnya berarti ini adalah estimasi EPS untuk 2011.

    Kemudian sy coba liat cell d22, proyeksi eps dicell tsb rumusnya EPS di atas dikali growth EPS pangkat 2 berarti ini adalah EPS 2011 yg dipangkatkan berari ini untuk proyeksi EPS akhir tahun 2013 bukan proyeksi EPS akhir tahun 2011 untuk cell d22 tsb.
    Mohon konfirmasinya.
    Terima kasih sebelumnya.

    salam

  5. dear pak Parahita,
    di spread sheet ratio, cell c-9 tertulis angka 1300 ( besaran dividen ASII thn 2010, ini angka didapat dari mana pak ya. mohon penjelasan cara mendapatkan angka tersebut.

    terima kasih sebelumnya

  6. @sidik
    Besarnya adalah estimasi. Nilainya didapatkan dengan memproyeksikan nilai eps tahun sebelumnya berdasarkan historical growth.

  7. dear pak parahita,

    saya mau bertanya di valution v1.3 ini ada total debt dan liabilities, yg ingin saya tanyakan apa bedanya total debt dengan liabilities (b20 dan b21)?

  8. Pingback: Melakukan “Tuning” terhadap Valuasi | Pojok Ide Investasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s