Gallery

Para Pecandu IHSG, Acungkan Tanganmu!

Sangatlah mudah untuk mencari tahu berapakah level IHSG saat ini. Jika Anda berada di depan layar komputer, masuk saja ke situs-situs penyedia informasi keuangan seperti Yahoo!Finance, Bloomberg, FT, ataupun Reuters. Dengan mudah informasi tersebut akan Anda dapatkan. Apabila cukup mobile, situs-situs tersebut juga menyediakan aplikasi yang dapat diinstal di handphone dan mampu memberikan informasi yang serupa.

Selain informasi perkembangan IHSG dan saham-saham favorit, kita juga dapat dengan mudah mendapatkan informasi mengenai perkembangan kondisi ekonomi terbaru. Berapakah tingkat inflasi terakhir? Berapakah tingkat suku bunga saat ini? Bagaimanakah pandangan para analis terhadap pertumbuhan ekonomi di masa depan? Setiap hari berbagai macam berita bermunculan menjejali kita.

Ketika berinvestasi di saham, tampaknya selalu update terhadap informasi-informasi tersebut tampak masuk akal. Kita dapat dengan cepat mengambil keputusan ketika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Sayangnya, mekanisme respons kita terhadap informasi tidak sesederhana itu. Manusia memiliki kecenderungan untuk mencari suatu pola. Apabila kita memiliki saham A, maka berita-berita yang kita terima cenderung akan kita cari hubungannya dengan saham A tersebut, yang dalam banyak kasus bahkan sama sekali tidak berhubungan. Apabila dalam satu hari ada sepuluh berita dan hanya satu atau dua berita yang memiliki kaitan dengan portfolio Anda, maka ada 80% berita yang tidak berguna bagi Anda. Kalikan dengan 365 hari dan Anda setiap tahunnya harus memilah-milah 3650 berita di mana 80% tidak berguna.

Apa yang hendak saya sampaikan?

Melakukan update terhadap perkembangan berita memang mengasyikkan dan memberikan perasaan ‘aman’ bagi kita karena merasa telah menjaga telur-telur investasi kita. Namun ketika sebagian besar berita tersebut malahan akan mengacaukan kualitas pengambilan keputusan investasi kita, sebaiknya kita berhati-hati. Dengan satu berita yang kita anggap mengancam investasi kita, serta-merta kita menjualnya padahal belum tentu berpengaruh besar. Demikian juga sebaliknya. Apabila ada suatu berita yang kita anggap bagus, secepat kilat kita memutuskan untuk membeli. Dengan melakukan hal seperti itu, kualitas penilaian kita cenderung menurun dan bias. Semakin banyak kita melakukannya, semakin besar peluang kita untuk melakukan kesalahan.

Tantangan Saya

Mampukah Anda untuk tidak memantau perkembangan IHSG? Tidak perlu lama-lama. Hanya satu minggu saja. Kalau terasa berat, tiga hari saja juga boleh🙂

Beranikah Anda?

5 thoughts on “Para Pecandu IHSG, Acungkan Tanganmu!

  1. jd kita cukup berpatokan pd pengambilan keputusan berdasarkan pd analisis lap.keuangan yg kita lakukan ya pa? dengan demikian, kita tidak akan terombang-ambing oleh berita” yg seringkali membuat kita bimbang..

  2. hehe, emang mengundang sih, apalagi running text di TV suka banget nampilin update IHSG saban penutupan en pembukaan sesi…

    untung saya udah ga pernah lagi melototin yang gituan, alhamdulillah sejak rajin baca artikel pak parahita setahunan ini, IHSG progress jadi ga penting lagi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s