Gallery

TOTL: The Art of Building A Business

Total Bangun Persada (TOTL) merupakan sebuah perusahaan konstruksi yang telah berdiri sejak 40 tahun yang lalu. Pengalaman puluhan tahun tersebut telah membuat perusahaan ini semakin matang dan mampu melakukan positioning dengan baik. Perusahaan ini memiliki spesialisasi untuk pembangunan office dan high-rise commercial buliding serta menyasar segmen pasar premier, yaitu proyek-proyek yang prestisius, berkualitas tinggi,  atau yang skala proyeknya cukup besar. Membaiknya kondisi ekonomi meembuat spesialisasi  dan segmentasi pasar TOTL tersebut sangat berarti. Sejalan dengan positioning-nya, TOTL menerapkan konsep “Green Bulding” yang bersifat sinergis. Selain itu, TOTL juga menerapkan program “Lean Construction” yang dapat memangkas prosedur kerja yang tidak efisien. Hal ini tampak pada menurunnya COGS sehingga meningkatkan net profit margin secara signifikan (5,24% pada tahun 2010 vs 3,01% pada tahun 2009).

Pada tahun 2010, TOTL melancarkan aksi bisnis yang cukup menarik dengan merambah sektor properti melalui anak perusahaannya, PT Total Persada Development. Dengan menggandeng PT Dewata Maju Makmur, PT Total Persada Development mendirikan anak perusahaan, PT Total Camila Development dan membangun  Kondotel Ramada Hotel & Suites Sakala di Tanjung Benoa, Bali. Proyek ini diharapkan mulai memberikan pendapatan untuk TOTL pada tahun 2011.

Grafik kinerja TOTL adalah sbb:

Apa yang kita lihat adalah perbaikan kinerja yang cukup signifikan sejak tahun 2009 setelah pada tahun sebelumnya dihempas oleh krisis global. Laporan keuangan TOTL untuk kuartal pertama 2011 mengkonfirmasikan hal tersebut.

Prospek yang cukup cerah tersebut didukung oleh valuasi yang terlihat cukup menarik.

Fair value TOTL untuk required return sebesar 14,63% adalah 578, cukup jauh di atas harga saat ini.

Disclaimer is on.

3 thoughts on “TOTL: The Art of Building A Business

  1. pak bisa bahas soal INVS….kalau menggunakan margin of safety saham ini sdh kemahalan bgt. tp sahamnya terus naik ya. bisa bahas pak faktor nya apa ya kira2

  2. Pak Parahita,
    Untuk valuasi TOTL nya, data2 nya dapat dari mana?
    7.88% country risk premium indonesia dapat darimana?
    thanks

  3. pak parahita…buat menentukan p/e projection itu diambilnya average p/e atau p/e saat itu ya? soalnya di atikel UNVR pak parahita ambilnya p/e nya sedangkan sekarang diambilnya average p/e.
    kalau laporan Q1 berarti p/e harus disetahunkan tidak?
    thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s