Gallery

Adira Dinamika Multifinance (ADMF): Wonderful!

Tidak banyak emiten di BEI yang dapat memiliki kinerja yang konsisten dari ke tahun. Salah satu dari sedikit emiten tersebut adalah ADMF (Adira Multifinance). Perusahaan yang berdiri pada tahun 1990 ini mampu menampilkan performa yang luar biasa selama beberapa tahun belakangan, bahkan saat krisis global melanda dunia tahun 2008.

Perusahaan financing mau tidak mau akan terpengaruh oleh tingkat suku bunga kredit. Saat ini dengan BI rate terbilang cukup rendah, yaitu sebesar 6,75%. Akibatnya perusahaan financing rata-rata mampu menampilkan kinerja yang bagus karena konsumen akan terdorong untuk mengambil kredit pembiayaan. Bagaimanapun juga, kondisi perekonomian yang kondusif tidak akan dimanfaatkan semaksimal mungkin tanpa peranan manajemen dalam mengelola sumber dayanya. Saya cukup terkesan dengan ADMF ini. Mari kita melihat grafik di bawah ini untuk memahami bagaimana performa ADMF.

Tampaknya revenue, operating income, net profit, dan equity ADMF meningkat secara mantap selama lima tahun belakangan. Pada tahun 2010 ADMF mengalami sedikit revenue hiccups dan bagi saya tidak menjadi masalah karena setelah melihat LK Q1 2011, ADMF telah kembali ke jalur yang benar.

Sebagus apapun kinerja perusahaan, jangan lupa untuk melakukan valuasi. Apakah ADMF masih murah?

Saya mencoba melakukan valuasi secara konservatif untuk menghindari optimisme yang berlebihan. Dengan asumsi EPS growth sebesar 15% (seharusnya bisa lebih tinggi) dan PER 10, fair value ADMF adalah 18.677. Nilai tersebut memberikan kita margin of safety sebesar 39%. Sepertinya ADMF masih cukup menarik.

Disclaimer is on.

9 thoughts on “Adira Dinamika Multifinance (ADMF): Wonderful!

  1. @ pak santoso: lho.. namanya aja estimasi/proyeksi.. masa pakai EPS tahun lalu? nggak kan.. pakai historikal EPS beberapa tahun ke belakang. dan secara spesifik pak parahita selalu memakai metode CAGR. eps 2010 * CAGR eps beberapa tahun ke belakang.. kalo ga salah spt ini..

  2. maaf saya kan masih awam, mungkin ada yang bisa jelasin angka EPS (est) 1615 dapat dari mana? karena sangat penting untuk buat proyeksi 5 tahun ke depan.thx

  3. @santoso angka tersebut merupakan proyeksi dengan menggunakan linear trend beberapa kuartal ke belakang untuk proyeksi EPS 2011. Angka tersebut didapatkan dari pro forma LK untuk mempertinggi akurasinya.
    Untuk memproyeksi selama 5 tahun ke depan dipergunakan CAGR EPS selama 5 tahun ke belakang yang telah diperhalus dengan filter.

  4. Tgl 29 april saya menemukan berita, ADMF membagikan deviden untuk laba 2010 sebesar 65 % . dari mana pak parahita menentukan kisaran deviden pay out ratio ( est ) sebesar 35,76 %. ? Adakah yang tau , link data yg menunjukan history perusahaan telah membagikan besaran deviden tiap tahun minimal 5 tahun ? Trims..

  5. @reminder: dicari di laporan keuangan aja.. kan ada. coba cari di web emiten, web BEI, atau di FT.com.. trus nanti dari historikal, dicari proyeksinya..

  6. @parahita, kalo masuk admf sekarang (skitar 10.800) ok gak? mengingat situasi global apa ditahan dulu? biasanya klo suasana kondusif selalu terlanjur mahal. gimana baiknya menurut mas Parahita?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s