Gallery

DICARI: Situs Emiten Yang ‘Ramah’ Terhadap Investor

Salah satu sumber informasi saya untuk melakukan analisis terhadap suatu emiten adalah situs perusahaannya. Salah satu alasannya adalah validitasnya dan yang pasti tentunya sang emiten sendiri yang memahami bisnis yang dijalaninya.

Setelah sibuk googling, saya menemukan bahwa sudah ada situs emiten yang cukup lengkap dalam memberikan informasi kepada investor. Emiten-emiten tersebut cukup terbuka untuk memberikan informasi-informasi yang saya butuhkan. Informasi yang saya butuhkan di situs mereka a.l:

  1. Laporan tahunan
  2. Laporan keuangan (tahunan ataupun kuartal)
  3. Presentasi manajemen
  4. Pengumuman
  5. Financial Highlights
  6. Update berita tentang emiten

Beberapa emiten cukup terbuka dan lengkap dalam memberikan informasi. Sayangnya masih ada situs emiten yang kurang informatif bagi investor. Ada yang sudah memiliki bagian investor relation, namun hanya menampilkan laporan tahunan atau bahkan hanya menampilkan financial highlights saja. Bahkan untuk beberapa situs, saya mengalami kesulitan untuk mencari bagian investor relation. Pada kasus yang ekstrim, saya mengalami kesulitan menemukan situs dari beberapa emiten. Apakah mungkin internet belum dianggap sebagai media yang cukup penting untuk memberikan informasi?

Kalau saya perhatikan, minimnya informasi yang dipasang di situs banyak ditemui pada emiten yang berdiri cukup lama dan mungkin belum mengadaptasi internet sebagai media penyebaran informasi. Hal tersebut sangat disayangkan mengingat bahwa selain laporan keuangan, informasi yang ada di situs emiten sangat berharga sebagai bahan pertimbangan untuk berinvestasi pada sahamnya.

Bagi saya pribadi, walaupun laporan keuangan telah menjelaskan banyak mengenai kondisi perusahaan, saya tetap membutuhkan update informasi dari emiten mengenai pandangan mereka terhadap bisnisnya di masa mendatang dan strategi-strategi yang mereka terapkan untuk mengembangkan bisnisnya.

Semoga saja kondisi ini akan semakin membaik ke depannya.

2 thoughts on “DICARI: Situs Emiten Yang ‘Ramah’ Terhadap Investor

  1. haha..iya bang parahita,,saya mengalami hal yang sama, ketika menyelesaikan tugas kuliah,,bahkan ada bbrp emiten yang tidak memiliki website. jadi gelar “Tbk” hanya sekedar embel2 yang gak penting…krn tidak memberikan keterbukaan bagi publik dan Investor

  2. pak parahita Mau tanya info nih.. saya akhir akhir ini demen liat LK perusahaan.. ada beberapa emiten kayak MLPL, LPLI, GMTD itu EPSnya lebih besar daripada harga nya sekarang?? apakah berarti saham ini murah?? thx infonya.

Leave a Reply

