Gallery

Beberapa Macam Filosofi Investasi

Sumber: Cedar Capital

Walaupun pada dasarnya tujuan investasi adalah mengembangkan modal kita, terdapat beberapa filosofi yang dianut oleh para investor.

Value Investing

Investor jenis ini ibaratnya pembeli yang mencari harga termurah untuk suatu barang. Jika harga TV LCD 32 inci normalnya 4 juta rupiah, maka apabila ada yang menawarkan TV yang sama dengan harga hanya 3 juta rupiah merupakan penawaran yang menarik.

Demikian halnya dengan di bursa saham. Masih cukup banyak saham yang dijual di bawah harga wajarnya. Sayangnya, pada kondisi normal, seorang value investor mungkin hanya menemukan saham-saham yang dijual murah pada sektor-sektor yang jarang dilirik oleh para pelaku pasar dan jarang pula dibahas oleh para analis saham. Saham yang terlalu banyak disorot cenderung banyak diperebutkan orang dan seringkali dijual mahal.

Dengan menjadi seorang value investor, maka Anda harus sabar karena prinsip beli sekarang jual besok tidak berlaku di sini.

Growth Investing

Seorang growth investor mencari saham-saham yang memiliki bisnis yang potensial untuk berkembang pesat di masa mendatang. Saham-saham yang masuk kategori growth seringkali adalah perusahaan kecil yang bisnisnya berkembang dengan cepat. Apabila kita cukup jeli dan cepat dalam membaca perubahan kondisi fundamental perusahaan, maka kita berpotensi untuk mendapatkan keuntungan yang cukup besar dari saham jenis ini.

Saham-saham growth umumnya menjadi perebutan banyak orang dan harganya dengan cepat menjulang tinggi dengan multiples di atas normal. Yang menjadikannya lebih sulit lagi adalah kenyataan bahwa valuasi normal agak susah diterapkan untuk perusahaan jenis ini karena kondisi fundamental berubah drastis dari kondisi sebelumnya.

GARP Investing

Kelemahan dari masing-masing style investasi sebelumnya melahirkan GARP (Growth at Reasonable Price) investing. Intinya seorang investor GARP akan mencari saham-saham yang berpotensi untuk tumbuh namun harganya masih dalam kisaran yang wajar.

Income Investing

Mungkin style ini terlihat paling konservatif dibandingkan dengan yang lain. Kita berinvestasi pada suatu saham dan secara berkala mendapatkan dividen. Kunci dari keberhasilan style ini adalah adanya konsistensi pembagian dividen serta kalau bisa terus tumbuh.

Style ini lebih cocok digunakan oleh orang-orang pensiunan dengan dana investasi yang cukup besar sehingga penghasilan dari dividen sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya.

Kita tidak perlu terlalu kaku dalam mengikuti aliran-aliran investasi tersebut. Gunakanlah strategi yang nyaman bagi Anda karena tiap-tiap orang memiliki tujuan dan preferensi investasi yang berbeda-beda.

One thought on “Beberapa Macam Filosofi Investasi

  1. NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

    LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> http://uangtebal.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s