Gallery

MAPI: When Lifestyle Becomes A Great Money Machine

Bayangkan diri Anda sedang bersantai ngopi di Starbucks menghilangkan lelah setelah berbelanja di Sogo. Sepatu kets yang Anda beli di Planet Sports tampaknya tidak mampu untuk mengatasi tumit yang pegal-pegal karena shopping.

Lifestyle, sebuah kata magis yang mewarnai kehidupan masyarakat, terutama di kota besar. Awali dengan kata premier dan Anda akan mendapati bahwa Mitra Adiperkasa (kode BEI: MAPI) adalah pewujudnya. Semua merk yang saya sebutkan di awal tulisan diusung oleh perusahaan tersebut. Mari kita sebutkan merk yang lain: Next, Nautica, Kipling, Zara, Nine West, Oshkosh B’ Gosh, Burger King, Pizza Marzano, bla bla bla. Merk-merk tersebut sangat sering kita jumpai di mal-mal terkemuka di kota besar dan kesemuanya lisensinya dimiliki oleh MAPI. Tidak dapat dipungkiri bahwa MAPI telah berhasil mendobrak batasan-batasan kita mengenai lifestyle.  Agresivitasnya di dalam bisnis ritel kelas premium sangat terasa. Ketika didirikan, MAPI hanya memiliki 40 gerai retail. Saat ini, jumlahnya membengkak secara fantastis menjadi 854 buah dan mempekerjakan lebih dari 10.000 karyawan.

Jumlah Gerai MAPI dari tahun ke tahun. Sumber: Website Mitra Adiperkasa

Dari sisi bisnis, agak susah membayangkan untuk bersaing dengan perusahaan tersebut. Coverage merk premium yang sedemikian luas dan didukung oleh manajemen yang mumpuni membuatnya menjadi market leader di industri ritel premium. Dari sekian banyaknya gerai ritel yang dimilikinya, pada dasarnya dibagi menjadi beberapa business group dengan bagan sbb:

Bagan Business Group MAPI. Sumber: Website Mitra Adiperkasa

Pada tahun 2010, penjualan MAPI tumbuh sebesar 14,6% di mana-masing kontribusi unit usahanya adalah sbb:

Terlihat bahwa penjualan ritel dan department stores mendominasi jumlah total penjualan MAPI. Kedua business group tersebut menyumbang sekitar 86% pendapatan MAPI.

Bagaimana dengan kinerja bisnisnya sendiri?

Terlihat bahwa selain tahun 2008 (saat krisis global berlangsung),  selama 5 tahun belakangan, pertumbuhan revenue, operating income dan net earnings MAPI cukup bagus. Walaupun DER masih cukup tinggi (150%) namun tren penurunan DER selama 3 tahun belakangan mengisyaratkan bahwa manajemen mempunyai itikad untuk mengurangi jumlah utangnya.

Meskipun cenderung meningkat dari tahun ke tahun, dengan ROE tahun 2010 sebesar 13,69% tampaknya MAPI harus membuktikan lebih lanjut apakah bisa memberikan keuntungan yang lebih baik kepada investornya. Seperti halnya perusahaan ritel pada umumnya, net profit margin MAPI tidaklah terlalu tinggi, yaitu hanya 4,27%.

Bagaimana dengan valuasinya?

Walaupun kinerja keuangan MAPI cukup bagus, dengan fair value 1.841 tampaknya kita harus lebih bersabar untuk menunggu harganya menjadi lebih rendah lagi. Di level harga saat ini, tingkat keuntungan tahunan yang dapat diharapkan hanyalah sekitar 5%, masih di bawah suku bunga deposito sekalipun.

Disclaimer is on.

6 thoughts on “MAPI: When Lifestyle Becomes A Great Money Machine

  1. thx buat valuasinya bro.. nice work🙂
    bro, sy saat ini sedang kebingungan cara input data ihsg ke metastock, mungkin bro sudi untuk membantu saya?
    terimkasih banyak sebelumnya bro🙂

  2. bro, sy saat ini sedang kebingungan cara input data ihsg ke metastock, mungkin bro sudi untuk membantu saya?
    terimkasih banyak sebelumnya bro🙂

  3. 1 tahun berlalu sejak valuasi MAPI ini, dan saat ini harga sahamnya mencapai 6,550 (11 Apr 2012) Mohon analisanya apa yg menyebabkan MAPI naik begitu cepat

  4. EPS growth nya kalo gak salah meningkat sekitar 30%an. Kalau dengan kondisi EPS seperti ini maka memang harga wajarnya sekitaran 7000 (saat ini sudah sekitar harga tersebut). Yang jelas memang bisnis ritail untuk kalangan menengah atas ini emang sangat “manis”. Lihat aja sogo, starbuck, dll…. rame banget tiap harinya, padahal harganya khan tahu sendirilah. Gaya konsumtif masyarakat memang sangat menjanjikan untuk bisnis ini…. (just pendapat saya sebagai masyarakat awam yang sering cuci mata ke mall….heheheh)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s