Gallery

Mengenai Saham Komoditas

Berikut saya sampaikan jawaban saya atas pertanyaan dari seorang pembaca mengenai saham komoditas.

Pertanyaan:

salam,

selamat pagi pak parahita, saya barusan selesai membaca buku “the new buffettology” karangan terbaru dari mary buffet & david clark yang sebenarnya “katanya” penyempurnaan dari edisi sebelumnya “buffettology”, dari ulasan buku tersebut,saya menyimpulkan ada sekitar 17 poin sektor industri yg digeluti emiten yang dimasukkan Eyang Buffett dalam Watchlist-nya:
Real Estate, Information (selling information), credit-card transaction, furniture, utility (distributes electricity), financial services, apparel (brand-name), commodities (copper plumbing etc), fast food (famous brand-name), pharmaceutical, beer, communication (TV station), entertainment, tobacco, newspaper, retain chain, advertising.

dalam analisa kualitatif eyang buffett selalu menekankan tentang analisa competitive advantages, dimana keunggulan ini yang sebenarnya yg membuat perush tidak terjebak dalam kompetisi perang harga, perush tetap bisa “straight” menaikkan harga karna inflasi atau kenaikan bahan baku untuk mempertahankan margin profitnya dan ini tentunya memberikan impact yg sangat baik untuk perusahaan dalam jangka waktu yg panjang, salah satu contoh perusahaan tersebut adalah Unilever dengan sederetan Brand yang menurut pendapat pribadiku sebagian besar telah menjadi market leader di setiap kategori produknya..

nah mengenai sektor commodities (sesuai dgn watchlist eyang buffett jg) nih pak,saya masih agak ragu, contoh saja sektor mining &agri yg mempunyai pengaruh cukup signifikan terhadap pergerakan IHSG, tapi saya melihat pergerakan harga saham emiten di sektor tersebut sangat dipengaruhi gejolak harga komoditas bersangkutan di dunia..contoh batu bara, CPO.. bagaimana pandangan bapak mengenai hal tersebut?
sedangkan yang namanya komoditas itu bisa gak dibilang sumber mineral alam yang terbatas?
competitive advantages apa ya yang dimiliki oleh perush2 yang ada di sektor tersebut?bisa jadi harga komoditasnya hari ini drop,then harga sahamnya tentunya berpengaruh jg..

itu saja pak,pertanyaan dari saya, ditunggu ya pak jawabannya yang mencerahkan pemula sepertiku?:p…terima kasih..

Jawaban:

Mohon maaf saya baru berkesempatan untuk menjawab pertanyaan Bapak sekarang.

Sektor komoditas bisa dibilang cukup unik. Karena memang core business-nya adalah menjual komoditas, maka revenue-nya sangat bergantung pada naik turunnya harga komoditas yang sangat dipengaruhi oleh kondisi ekonomi. Oleh karena itu saham berbasis komoditas bersifat cyclic.Jika memang ingin berinvestasi pada saham komoditas, tentu harus memahami juga siklus ekonomi. Satu siklus ekonomi biasanya berlangsung selama 3-5 tahun. Harga komoditas biasanya mencapai titik tertingginya pada saat fase late expansion sehingga pada fase tersebut bisa dibilang bahwa risiko berinvestasi pada saham komoditas berada pada titik tertinggi. Saya pribadi sebenarnya tidak terlalu banyak menaruh dana investasi saya ke sektor komoditas karena sifatnya yang cyclic tersebut.

Mengenai keunggulan kompetitif, biasanya yang bisa kita analisa adalah:
1. Lokasi tambang. Semakin dekat lokasi penambangan dengan pelabuhan, maka biaya transportasi akan dapat ditekan.
2. Kualitas bahan tambang. Perusahaan yang memiliki bahan tambang dengan kualitas lebih tinggi akan dapat menjualnya dengan harga yang lebih tinggi.

Demikian sedikit yang bisa saya sampaikan mengenai saham komoditas. Semoga bisa membantu.

3 thoughts on “Mengenai Saham Komoditas

  1. suhu parahita yg sy hormati, sy akhirnya membeli RDS panin dana maksima dan schroder dana instimewa yg rencananya akan sy ambil 5 tahun yg akan datang. Suhu, sy sudah membeli program metastock, tapi sy tidak bisa mengimpor data ihsg ke dalam metastock, mohon pencerahannya suhu yg sy kagumi..

  2. Pak Hita,
    Dari uraian diatas bahwa pemilihan saham tambang dapat dilihat dari lokasi tambang dan kualitas bahan tambang, untuk saham sektor batubara sepertinya BUMI menarik. Bagaimana pendapat suhu?
    Thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s