Gallery

BJBR: Growing and Growing

Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (BJBR) merupakan emiten yang baru saja melakukan IPO.  Untuk long-term vision, terlihat bahwa BJBR bermaksud untuk melebarkan sayapnya dan bertransformasi menjadi bank nasional.

Mengingat area operasionalnya saat ini yang kebanyakan masih berada di Jawa Barat, Banten, dan Jabotabek, peluang BJBR untuk berkembang masih terbuka lebar. Kinerjanya selama 5 tahun terakhir adalah sebagai berikut.

Terlihat bahwa revenue, earnings, asset dan equity BJBR tumbuh secara impresif selama 5 tahun belakangan. Laporan keuangan akhir tahun 2010 yang baru saja dirilis pun masih mengkonfirmasikan pertumbuhan tersebut. Dengan pasar yang masih terbuka lebar, maka BJBR berpotensi untuk terus tumbuh di masa mendatang.

Valuasi BJBR

Terlihat bahwa BJBR terlihat masih cukup murah dengan margin of safety 41,25%. Yang menarik, sejak IPO BJBR sempat menyentuh level 1,780. Saat ini BJBR diperdagangkan di level 1,140 dan terlihat cukup menarik.

Disclaimer is on.

6 thoughts on “BJBR: Growing and Growing

  1. BJBR punya masalah pada disbursement capability dia.. selama ini terlalu ngandelin kredit konsumsi PNS potong gaji.. sehingga cenderung pasif ketika skala intermediasi sudah semakin “besar”.. expensive fund-raising dia terlalu agresif (fund-raising paling gede naik 7.8 Tn dari deposito yg cenderung “mahal”, rate deposito untuk institusi bisa 9%) tapi kenaikan loan diluar untuk kredit konsumsi sangat lemah… makanya duitnya nangkring di interbank BI, hampir 12 Tn posisi saat ini di Interbank BI., kemungkinan karena ini duit terkait APBD yg alokasinya sudah direncanakan tapi belon cair2.. cek arus kas operasi.. cash-basis malah turun YoY karena kenaikan pendapatan bunga “kalah” sama beban bunga, ini datengnya dari mismatch antara beban bayar bunga deposito dan disbursement yg lemah dan “cuman” nangkring di Interbank BI…

  2. @kang Bagus
    Pandangan yang sangat tajam. Berarti masalah dari BJBR adalah bagaimana mendapatkan low cost fund ya. Sepertinya masalah BJBR ini adalah masalah umum yang dihadapi BPD lain di mana low cost fund hanya bisa didapatkan jika mereka bermain dalam skala daerah.

    Ok, kang. Saya akan coba cek dan ricek mengenai problem ini.

  3. ya cari low-cost fund salah satunya juga, tapi kalo menurut saya PR yg paling besar adalah di masalah disbursement.. bagaimana cara menyalurkan kredit di luar kredit konsumsi primer yg potong gaji PNS itu.. (mungkin) duit besar nangkring di BI itu bisa jadi duit APBD untuk kredit infrastruktur dan semacamnya yang belum dicairkan tapi harus terus stand-by. solusinya memang harus ada improvement dari segi disbursement kredit.

    tempo hari sempet di-rating sampe 2000an sama beberapa house asing, ngeliat perform kredit-nya yg masih so-so. saya sih ngerasanya nilai “pantes”nya sih kisaran 1500an aja ya. tapi kualitas aset memang bagus sih karena kredit paling banyak ya ke pegawai negeri potong gaji bulanan itu… cuman pertumbuhan dari situ dah melambat, sementara raised-fund mahal (deposito) malah naiknya banyak dan gak bisa di-disburse secara efektif… tapi ya at the very least BJBR punya franchise value dari model bisnis kredit pegawai itu.

  4. jadi penasaran kang, kenapa disbursement nya kok gak bagus? apakah bjbr merasa tidak aman untuk melakukan ekspansi kredit?
    memang saat ini kita melihat bjbr sedang berusaha bertransformasi menjadi bank nasional. yang saya lihat, memperluas base coverage memang tidak semudah membalik telapak tangan. Akan tetapi, peluang untuk tumbuh akan lebih besar daripada incumbent.

    Btw, kalaupun pantesnya dihargai cuma 1500, tetep bargain yang bagus dunk yah🙂

  5. wah wah, saya puyeng memperhatikan diskusi suhu” @_@ moga” sy bisa menyerap ilmu para suhu🙂 dan ikut ngerasain profit dari dunia saham😮 btw thx suhu dunk buat ilmu nya🙂 tetaplah berkarya two tumbs up 4 u!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s