Gallery

Rekomendasi Buku Investasi yang Menarik untuk Dibaca

Manakala kita fokus berinvestasi, ada baiknya kita rehat sejenak dan mencoba menambah wawasan baru. Salah satu caranya adalah membaca buku. Di bawah ini ada beberapa buku yang mungkin bisa menambah pengetahuan kita mengenai investasi.

  1. One up On Wall Street. Penulis: Peter Lynch. Sebuah buku yang bagus bagi Anda yang ingin mulai mempelajari filosofi berinvestasi saham. Lynch bercerita dengan disertai oleh contoh-contoh menarik dan terkadang dibumbui sedikit humor.
  2. Buffettology. Penulis: Mary Buffett. Sebagai mantan menantu Warren Buffett, tampaknya Mary cukup banyak menyerap ilmu dari sang begawan. Walaupun Warren (untuk membedakannya dengan Mary) tidak pernah menulis buku sendiri, tulisan dari Mary merupakan referensi yang sangat berharga bagi para investor untuk memahami strategi investasi yang diterapkan oleh Warren Buffett.
  3. The Alchemy of Finance. Penulis: George Soros. Tidak diragukan lagi bahwa Soros merupakan sosok yang kontroversial. Dia dituding berperan dalam krisis moneter Asia tahun 1997 dengan berspekulasi pada mata uang Asia. Di balik semua itu, Soros merupakan pemikir yang brilian. Buku Alchemy of Finance ini mengungkapkan rintisan pemikirannya mengenai dunia keuangan. Teorinya mengenai refleksivitas terlihat sangat dominan mewarnai keputusan-keputusan investasi yang dibuatnya. Buku ini mungkin terasa sedikit berat karena Soros bercerita seperti seorang filsafat dan membuat bahan ceritanya menjadi sedikit abstrak. Bagaimanapun, buku ini sangat layak untuk dibaca.
  4. Buffett: The Making Of An American Capitalist. Penulis: Roger Lowenstein. Buku ini bercerita mengenai bagaimana latar belakang kehidupan Buffett membentuk pemikirannya mengenai investasi. Banyak sekali pelajaran yang bisa diambil dari buku ini.
  5. The Little Book That Beat The Market. Penulis: Joel Greenblatt. Gaya Greenblatt dalam beranalogi mengenai investasi di buku ini tampaknya cukup mengena. Kita akan dengan cukup mudah menyerap apa yang hendak disampaikannya. Pada buku ini pula Greenblatt memperkenalkan konsep Magic Formula-nya yang terkenal.
  6. Against The Gods, A Remarkable Story of Risk. Penulis: Peter L. Bernstein. Dalam buku ini, Bernstein berusaha untuk menyelami upaya manusia untuk memahami risiko dan probabilitas, mulai dari orang-orang Yunani kuno sampai dengan Pascal dan Fermat. Salah satu bab pada buku ini bercerita mengenai prospect theory dari Kahneman yang sangat menarik untuk dibaca.
  7. Rogue Trader. Penulis: Nick Leeson.  Buku ini ditulis sendiri oleh pengarangnya berdasarkan kisah pribadinya. Leeson mengguncangkan dunia keuangan setelah kalah trading di bursa Jepang dan mengakibatkan Barings Bank merugi sebesar 800 miliar poundsterling dan jatuh ke dalam kebangkrutan. Bukunya sangat menarik untuk dibaca. Kita seakan-akan dibawa ke dalam sebuah film thriller yang menegangkan.

One thought on “Rekomendasi Buku Investasi yang Menarik untuk Dibaca

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s