Gallery

BTPN: Bukan Hanya untuk Pensiunan

Logo BTPN, Sumber: Website BTPN

Sebagai sebuah bank, BTPN memiliki keunikan tersendiri. Sesuai dengan namanya, BTPN memiliki basis nasabah dari kalangan pensiunan yang besar. Keunikan ini pula lah yang membantu BTPN untuk mendapatkan low cost fund sehingga BTPN menjadi cukup kompetitif dalam menyalurkan kreditnya.

Saya cukup terkesan dengan pertumbuhan revenue dan earnings-nya yang konsisten dari tahun ke tahun. Cemerlangnya kinerja BTPN semakin terlihat dengan ROE nya yang mencapai 41,05% dan net profit margin 14,93%. Waalupun begitu, kita harus mewaspadai cash flow from operations yang minus pada tahun 2009 setelah pada tahun-tahun sebelumnya membukukan nilai positif.

Dengan bantuan grafik, keberhasilan BTPN untuk membukukan kinerja yang bagus terlihat dengan lebih jelas. Bagaimana dengan valuasinya?

Dengan fair value 8,872, kita harus mempertimbangkan ulang apabila hendak berinvestasi pada saham ini. Sedikit clue, dengan kinerja sebaik ini, memang agak susah untuk mendapatkannya pada harga diskon. Ada baiknya kita juga mempertimbangkan PEG rationya. Jika kurang dari 1, tidak tertutup kemungkinan kita masih bisa membeli sahamnya.

Disclaimer is on.

10 thoughts on “BTPN: Bukan Hanya untuk Pensiunan

  1. BTPN bagus juga ya, tetapi dalam siklus yang ada apakah sektor perbankan sudah lewat ? Hal ini ditandai dgn naiknya BI rate. Apakah hal ini juga harus menjadi pertimbangan bagi investor ? Terima kasih.

  2. thanks bro buat info nya , saya seorang newbie merasa sangat terbantu dengan blog ini..
    bro saya berdomisili di sumedang(dekat bandung) Hari minggu ini akan di adakan seminar lumens (Harry Suwanda) saya pengen minta pendapat nya bro apakah sistem lumens ini baik untuk di ikuti ? thanks a lot bro

  3. Back to BTPN. Utk banking di “Revenue” nya kok bukan dari yang “Pendapatan bunga bersih” ? Kenapa di tabel diatas ambil yang “Pendapatan bunga” saja ? Terima kasih.

  4. @aneka
    Kalau pendapatan bunga bersih sudah dikurangi dengan bunga yg harus dibayar ke nasabah. Kalau itu namanya bukan revenue lagi tapi earning🙂

    Untuk ROE saya membaginya dengan equity tahun sebelumnya.

  5. Mohon bimbingan dan penjelasan mengenai :

    EPS (proj)
    – Jika EPS Growth dibawah 10%, bagaimana dengan EPS (proj)?
    – Apa yg dapat dilakukan data-data Quartalan terhadap EPS (proj) annual?

    P/E (proj)
    – Jika Average P/E dibawah 12%, bagaimana dengan P/E (proj)?
    – Apa yang dapat dilakukan data-data Quartalan dengan P/E (proj) annual?

    Pengertian saya mengenai valuasi adalah merencanakan dan melaksanakan entry dan exit perdagangan dengan harapan tercapainya hasil mendekati/sesuai yang direncanakan.

    Saya berterimakasih atas adanya tulisan-tulisan bapak. Sangat membantu sekali.

    #juhelman#

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s