Gallery

HEXA: Looks Promising

Sumber: Website Hexindo

HEXA merupakan pemain yang cukup penting di sektor alat berat. Sektor alat berat ini perkembangannya sangat bergantung pada pertumbuhan sektor pertambangan yang merupakan pengguna terbesar alat berat. Seiring dengan naiknya harga komoditas termasuk bahan tambang, para supplier alat berat pun turut mendapatkan rezeki karena perusahaan pertambangan cenderung untuk menaikkan jumlah produksi.

Seperti yang telah diduga sebelumnya, kinerja HEXA membaik dengan cukup signifikan. Revenue dan net earnings melonjak dengan tajam setelah pada tahun 2009 mengalami penurunan. HEXA juga mampu memanfaatkan momentum ini untuk mengurangi utangnya sehingga DER turun 1,78 ke 1,19. ROE HEXA pun cukup menggiurkan yaitu 45%.

Valuasi

Berangkat dari cemerlangnya kinerja HEXA pada tahun 2010, mari kita coba untuk melakukan valuasi. Saya berusaha untuk tetap konservatif dengan mempergunakan EPS growth 15% (secara historis EPS growth HEXA adalah 66,20% sehingga saya tidak yakin apakah bisa bertahan untuk jangka panjang) dan PER 17.

Dengan fair value 7.942, HEXA masih mempunyai ruang untuk naik lebih tinggi lagi. Yang patut diwaspadai adalah margin of safety yang cukup tipis sehingga akan lebih aman lagi jika kita menunggu di harga yang lebih rendah.

Disclaimer is on.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s