Gallery

Wang Chuan Fu dan Mimpinya

Buffett dan Wang Chuan Fu. Sumber: Rational Walk

Pembelian 10% saham BYD senilai $232 juta pada tahun 2009 oleh Warren Buffett mau tidak mau membuat saya terhenyak. Kesuksesan BYD sebagian besar ditopang oleh penjualan mobil listriknya yang menyumbang 53% penjualan total. Pembelian ini membuat Buffett terkesan melanggar aturan investasinya untuk tidak membeli saham-saham berbasis teknologi. Apa yang membuat BYD menarik perhatian seorang Warren Buffett?

Wang Chuan Fu

BYD adalah perusahaan manufaktur mobil asal China yang dimiliki oleh Wang Chuan Fu. Wang Chuan Fu sendiri terlahir dari keluarga petani yang sangat sederhana. Kedua orang tuanya meninggal ketika dia masih berada di bangku sekolah menengah. Biaya pendidikan Wang selanjutnya dibiayai oleh kakak-kakaknya. Setelah lulus dari Central South Industrial University of Technology jurusan kimia, ia mengambil gelar masternya di Beijing Non-Ferrous Research Institute pada tahun 1990.

Pada tahun 1995, Wang Chuan Fu mendirikan BYD, sebuah perusahaan yang memproduksi baterai untuk telepon selular. BYD sendiri berlokasi di Shenzhen yang ditetapkan oleh pemerintah China sebagai “special economic zone”. Pada tahun 2003, BYD membeli sebuah perusahaan mobil milik negara yang sudah tidak berfungsi. Berangkat dari sinilah kejayaan BYD dimulai. BYD memproduksi mobil hybrid pertamanya, F3DM yang mengkombinasikan listrik dan BBM sebagai sumber tenaganya.

Hybrid Car F3DM produksi BYD. Sumber: Autopartcar

Apa yang membuat BYD berhasil?

BYD mempekerjakan 10.000 engineer dengan gaji $600-$700 per bulan. Para engineer tersebut adalah pekerja yang sangat keras. Wang mengatakan bahwa mereka dapat dibilang mendedikasikan sebagian besar hidupnya untuk kemajuan perusahaan. Para karyawan mendapatkan apartemen subsidi milik perusahaan dan makan dengan biaya yang sangat murah di kantin kantor. Karyawan semacam itu tidak akan didapatkan oleh produsen mobil asal Amerika atau Jepang yang harus membayar jauh lebih mahal daripada BYD untuk memperoleh tenaga kerja seperti yang dimiliki oleh BYD.

Berbeda dengan produsen mobil lain, BYD memproduksi hampir seluruh komponen mobilnya, mulai dari air conditioner, seatbelt, kelistrikan, sampai dengan lampu. Kesemuanya itu mungkin dilakukan oleh BYD karena tersedianya sumber tenaga kerja yang murah.

Wang Chuan Fu sendiri adalah orang yang sangat sederhana. Ia tinggal di apartemen milik perusahaan bersama dengan para karyawannya. Kemewahan yang dimilikinya hanyalah sebuah Mercedes dan Lexus. Itu pun karena ia ingin membongkar mesinnya untuk mengetahui cara kerjanya. Gaya hidupnya ini sangat sederhana mengingat bahwa pada tahun 2009, Wang Chuan Fu merupakan orang terkaya di China dengan total aset senilai $5,1 miliar.

Wang Chuan Fu sendiri menggambarkan bahwa perusahaannya adalah tipikal perusahaan China yang cerdik, suka bekerja keras, dan mampu mengambil keuntungan dari setiap situasi yang ada.

Mari kembali ke permasalahan awal, apa yang membuat Warren Buffett melanggar aturannya dan membeli sebuah perusahaan teknologi? Jawabannya sepertinya cukup sederhana. Buffett sedang bertaruh bahwa BYD yang dikomandoi oleh Wang Chuan Fu akan meluncurkan produk-produk yang menjadi revolusi di industri mobil.

BYD dalam Angka

Cerita mengenai BYD adalah mimpi indah. Yang menjadi pertanyaaan adalah apakah BYD sedang berada di jalan yang benar untuk mewujudkan impiannya?

Berikut adalah perkembangan BYD dari tahun ke tahun (dinyatakan dalam ribuan RMB):

Sumber: BYD Annual Report 2009 & 2005, diolah

Terlihat bahwa BYD tumbuh dengan sangat cepat dengan CAGR assets, revenue dan net earnings masing-masing sebesar 47%, 46% dan 38%. Tampaknya Wang Chuan Fu memang sedang berada di jalan yang benar J

Lalu apa yang menjadi mimpi Wang Chuan Fu?

Wang Chuan Fu berambisi menjadikan BYD sebagai produsen mobil terbesar di dunia pada tahun 2025 yang memimpin revolusi teknologi  dari mobil bertenaga BBM menjadi mobil bertenaga listrik. Apakah mobil listrik prospektif? Sebagai gambaran, dalam setahun sebuah mobil dengan sumber energi BBM membutuhkan biaya $1.200 dan mengeluarkan emisi karbondioksida sebanyak 6,6 ton. Sementara itu, mobil dengan sumber energi listrik hanya akan membutuhkan biaya $400 dan hanya mengeluarkan emisi karbondioksida sebanyak 1,5 ton.

Kali ini Warren Buffett memang benar bertaruh. Akan tetapi seperti prinsip yang dipegangnya, Buffett hanya akan bertaruh apabila kemungkinan besar ia akan memperoleh keuntungan.

One thought on “Wang Chuan Fu dan Mimpinya

  1. Pernah lihat film dokomenter ttg Warent Buffet , dan ada tipsnya. Salah satunya adalah “break your rules” . Mungkin ini yang sedang dilakukan oleh Warent Buffet skrng ..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s