Gallery

Catatan Akhir Tahun 2010

Sepanjang tahun 2010 IHSG mencatat kenaikan 46,13%, melanjutkan kenaikan sebesar 86,98% pada tahun 2008. Apabila dibandingkan dengan indeks utama bursa-bursa lain di dunia, IHSG tampak paling cemerlang. Meskipun pada akhir tahun sempat terkoreksi ke level 3.500-an, pada hari perdagangan terakhir IHSG mampu bertahan di atas level 3.700.

Major World Indices Performance (source: Yahoo! Finance)

Banyak cerita yang terjadi pada tahun 2010 ini. Yang paling mencolok mungkin adalah aksi tukar guling antara Bumi Resources, Tbk dengan Vallar, Plc. Saham-saham grup Bakrie yang sebelumnya terhempas seperti mendapatkan angin segar. Hari-hari BEI selanjutnya pun didominasi oleh perdagangan saham grup tersebut setelah sebelumnya mengalami lesu darah.

Pada tahun 2010 ini, indeks industri perdagangan (trade) mengalami peningkatan paling tajam, yaitu sebesar 71,92% yang diikuti oleh industri consumer goods yang mencatat kenaikan sebesar 63,06%. Industri infrastruktur tercatat mengalami kenaikan terendah, yaitu sebesar 12,45%.

Yang perlu mendapatkan perhatian adalah bahwa keseluruhan industri di BEI mengalami kenaikan. Walaupun begitu, belum dapat dipastikan bahwa kenaikan tersebut apakah mencerminkan kondisi riil bisnis masing-masing emiten.

Seperti biasa, akhir tahun merupakan saat yang tepat untuk merenungi apa yang telah kita capai sepanjang tahun. Sebagai seorang investor, apakah kita telah mampu untuk mencapai tujuan-tujuan kita dalam berinvestasi? Apakah investasi kita di bursa saham telah mampu untuk mengalahkan kinerja pasar? Jika yang terakhir jawabannya tidak sepertinya kita harus mengevaluasi metode investasi kita dan melakukan perbaikan.

Tidak ada yang berubah di bursa saham. Risiko selalu membayangi sepandai apapun kita. Kuncinya adalah continuous learning dan selalu belajar dari kesalahan. Tidak ada kata ampun di bursa. Kesalahan kita akan langsung diganjar dengan penurunan modal.

Sampai dengan saat ini, cukup banyak artikel yang telah saya tulis. Semua itu merupakan buah pemikiran dan penerjemahan ide-ide saya mengenai investasi. Ada yang sederhana dan ada yang cukup kompleks walaupun sebisa mungkin saya menuangkannya dengan bahasa yang sederhana.

Tidak lengkap rasanya jika menulis catatan akhir tahun tanpa memberikan resolusi untuk tahun depan. Mengingat banyak ide yang telah tertuang selama ini, apabila diberikan keberkahan saya akan mencoba mengumpulkannya dalam sebuah buku. Sudah lama memang keinginan ini muncul namun semoga tahun depan dapat terwujud.

So, keep investing and happy new year 2011!!!🙂

Rempoa, 31 Desember 2010

4 thoughts on “Catatan Akhir Tahun 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s