Gallery

Re-thinking about UNVR Business Prospect

Kemarin saya bersama bro Cleopatras Cat sempat mencoba menghitung harga wajar UNVR. Seperti diketahui, UNVR sekarang berada di level 18.050 dengan P/E 43x. Kondisi ini secara normal akan membawa kita pada kesimpulan bahwa UNVR dijual terlalu mahal.

Asumsi yang digunakan:

  • long term growth rate –> 19,8% (normalized to 15% for safety)
  • required return –> 14,38%
  • dividend payout ratio –> 82%
  • forward P/E ratio –> 17x

Dengan kondisi UNVR saat ini, ceteris paribus, harga wajar UNVR adalah 9.700.

Value ini sangat jauh di bawah harga UNVR di market saat ini, dan ini cukup mengejutkan. Walaupun UNVR terkenal dengan earning growth yang sangat stabil sehingga dihargai dengan high multiples, akan tetapi normally UNVR biasanya diperdagangkan pada level 22-29x saja. Level 43x sudah terasa kurang nyaman dan membutuhkan justifikasi yang kuat.

Tak dinyana pagi ini saya melihat iklan UNVR di harian Kompas hari ini. UNVR mengeluarkan produk water purification system, yaitu Pureit. Produk ini diklaim mampu mengolah air keran sehingga langsung dapat diminum, tanpa membutuhkan listrik, tanpa membutuhkan gas. Alat ini dijual dengan harga hanya Rp 500.000,-. Sebagaimana layaknya water purifier, filter-nya secara berkala harus diganti. Harga filter-nya sendiri Rp 150.000,- yang dapat digunakan untuk menyaring 1.500 liter air. Artinya, biaya pengolahan hanya Rp 100,- per liter. Biaya ini jauh lebih murah daripada galon air mineral dan bahkan lebih murah daripada air isi ulang.

Jika klaim ini terbukti benar dan mendapatkan respons positif dari konsumen, maka mungkin kita akan melihat pergeseran peta bisnis air minum. Tentu saja UNVR akan menikmati extension dari growth period-nya dan produk ini potensial akan menjadi justifikasi bagi tingginya P/E ratio UNVR. Kita lihat saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s