Gallery

MRAT: Because Indonesia is Very Beautiful

Posisi Mustika Ratu sebagai produsen kosmetik asli Indonesia tidak diragukan lagi. Berdiri pada tahun 1975, pada awalnya Mustika Ratu memproduksi jamu tradisional. Seiring dengan perkembangannya, Mustika Ratu melakukan diversifikasi pada penjualan kosmetik.

Tanpa basa-basi, mari kita melihat angka-angka penting pada laporan keuangannya.

Tampak bahwa revenue, operating income, dan net earnings kenaikannya dari tahun ke tahun cukup stabil. Ditambah dengan kecilnya jumlah utang, MRAT ini tampak sukup stabil kondisi keuangannya.

Satu hal yang perlu menjadi pertimbangan adalah kecilnya ROE dan profit margin (6.9% dan 6.1%). Hal tersebut mengindikasikan adanya persaingan yang cukup ketat dalam industri ini meskipun MRAT sendiri sudah tergolong mature.

Bagaimana dengan valuasinya?

Suatu kebetulan bahwa harga wajarnya sama dengan harga pasarnya saat ini. Hal ini mengindikasikan bahwa untuk tahun ini harga pasarnya telah mencerminkan nilai intrinsiknya. Satu hal yang cukup penting untuk diperhatikan adalah bahwa bukan berarti MRAT bukan investasi yang bagus.

Jika kita membeli MRAT di harga 550, hal itu berarti untuk tahun-tahun mendatang kita akan berpotensi mendapatkan return sebesar sekitar 17% per tahun, sesuai dengan required return yangh telah kita tetapkan di awal.

7 thoughts on “MRAT: Because Indonesia is Very Beautiful

  1. maaf ya, saya mau nimpali melalui benak orang awam, tapi tau keadaan di pasar rakyat (pasar nyata).

    Ohya return 17% per tahun????? yakin MRAT gk akan right issue?? yakin gk bakal ada masalah dgn hutang? dengan penjualan yg menurun?

    mustika ratu udah redup loh. ingat itu.

  2. @ah masa
    anda melihat berita dari mana penjualan menurun atau mustika ratu sudah redup?
    memang saya tidak menyangkal kalau anda mengatakan bahwa sahamnya kurang diminati pasar, namun mustika ratu itu masih menjadi salah satu produsen kosmetik terbesar di indonesia.

    secara statistik growth penjualan maupun net income mustika ratu stabil & selama 5 tahun terakhir tidak pernah rugi, ini merupakan indikasi nyata bahwa mustika ratu itu masih profitable, ditambah lagi ratio hutang2nya pun sangat stabil. Karena itu, argumen anda bahwa mustika ratu sudah redup itu sangat tidak valid. Lagipula kata “YAKIN” yang anda ucapakan dan kata “POTENSI” yang pak Parahita tulis diatas mempunyai arti yang sangat berbeda.

  3. @ah_masa
    memang ada sesuatu yg membuat MRAT berpotensi bermasalah dgn hutang kah?
    Apakah MRAT akan rights issue? Anda lho yg bilang.

    Apakah return 17% dari saham tidak wajar? Mungkin saja mrat mulai meredup. Tetapi selama masih bisa menghasilkan keuntungan kenapa tidak?

    Please kasih informasi dan angka yang riil yg bisa mendukung argumen Anda tersebut. Jangan cuma bisa ngeflame aja.

  4. kalau ada rencana right issue kan jauh-jauh hari udah di kasih tahu lewat corporate action. Setelah itu baru di valuasi ulang karena Earning Per Share bisa turun dengan kuantitas saham yang beredar bertambah.

  5. @ah masa
    hmm sorry brur new bie numpang comment…
    gw stuju banget dengan comment bro lden, klo mau comment harus ada datanya donk,lagian dalam saham ga ada yg namanya “yakin”…ada juga “potensi” and “probability”(ini yg bikin seru,soalnya pasti boring klo smua hal udah pasti hehe)….wong kadang saham bisa naik lebih dari 100% and juga bisa turun lebih dari 100% juga pdahal knaikan/penurunan harga di market tidak mencerminkan kondisi perusahaan secara riil….

  6. Pak Parahita, saya mau nanya cara menghitung projected stcok price nya hingga ketemu angka 1.127 dan angka total deviden 61 dari mana ? karena tidak ada penjelasan cara perhitungannya..terima kasih..

  7. mohon koreksi…

    untuk perhitungan total stock price…
    datas bpk mndaptkan harga 1.189

    —> perhitunga saya.

    dengan rumus yang juga ada di salah satu blog bpk.

    EPS growth 25% –> mnggunakan P/E*17.
    EPS pada akhir tahun ke-5 (2015) adalah 111. Maka Harga saham pada saat itu adalah EPS * P/E = 111 *17 = 1887.

    CMIIW

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s