Gallery

Q-Q Analysis: The Early Anticipation of Growth

Untuk mengetahui kinerja jangka panjang suatu perusahaan, kita biasanya menggunakan data laporan keuangan tahunan. Meskipun dalam jangka pendek harga saham berubah-ubah, namun pada umumnya dalam jangka panjang harga akan mengikuti kinerja dari bisnisnya.

Perusahaan yang bagus akan membukukan pertumbuhan pendapatan dan laba bersih yang konsisten dari tahun ke tahun. Konsistensi kinerja ini sangat penting karena jika tidak, kita akan mengalami kesulitan dalam memprediksi kinerjanya di masa datang.

Dengan kinerja yang mantap dan visible, tentu akan menjadi kesempatan yang baik bagi seorang investor untuk melakukan pembelian ketika market jatuh. Kejatuhan bursa biasanya menyeret hampir seluruh saham tanpa peduli bagaimana kondisi fundamental masing-masing. Memang ada kalanya kejatuhan bursa saham bersifat sistemik di mana pemicunya adalah memburuknya kondisi ekonomi. Dalam hal ini, kita harus sangat berhati-hati dalam melakukan pemilihan saham. Pilih saham yang kokoh. Laba yang anjlok dalam satu periode tidak bisa menjadi indikasi bahwa bisnisnya juga hancur. Perusahaan yang kokoh akan bertahan dan masih memiliki tenaga untuk meraup laba saat kondisi ekonomi membaik. Kabar baiknya, seringkali kejatuhan bursa sering dipicu oleh kepanikan para pelakunya. Market cenderung untuk bersikap overreacted terhadap memburuknya kondisi fundamental sistemik (keseluruhan) karena takut.

Sayangnya, koreksi market dalam skala yang cukup besar cukup jarang terjadi. Mungkin dalam setahun hanya terjadi satu kali atau bahkan tidak terjadi sama sekali. Hal ini akan mempersulit kita untuk melakukan pembelian apabila hanya menggantungkan pada terjadinya koreksi di pasar.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada cara alternatif yang dapat kita tempuh. Kita dapat mengikuti perkembangan perusahaan dari kuartal ke kuartal dengan membaca laporan kuartalannya. Jika prospek bisnis suatu perusahaan membaik, kita akan dapat dengan cepat mendeteksinya dan melakukan antisipasi lebih dini.

Studi Kasus: United Tractors (UNTR)

Sebagai catatan, jika kita melakukan analisa laporan kuartal, sebaiknya kita membandingkan dengan kuartal yang sama pada tahun sebelumnya. Demand dalam satu tahun akan berbeda-berbeda. Sebagai contoh, perusahaan ritel akan meraup keuntungan besar saat hari raya seperti Lebaran atau Natal. Di bulan-bulan yang lain, omsetnya akan cenderung stabil. Oleh karena itulah dengan membandingkan antar kuartal yang sama dari tahun ke tahun akan memberikan gambaran yang lebih akurat mengenai kinerja suatu perusahaan.

Terlihat bahwa revenue UNTR tumbuh cukup konsisten dari tahun ke tahun. Yang perlu diwaspadai adalah stagnannya pertumbuhan operating income dan net income sejak dari tahun 2008. Penurunan operating income ketika revenue meningkat menandakan adanya kenaikan COGS ataupun operating expenses. Tentu saja hal tersebut tidak kita inginkan. Kita perlu melakukan penelusuran lebih mendalam mengenai kedua item tersebut.

Kendatipun demikian, konsistennya pertumbuhan revenue UNTR tampaknya direspons dengan baik oleh market. Harga saham UNTR terus meningkat dari tahun ke tahun. Namun ada hal yang harus kita perhatikan karena di sinilah kunci dari kesempatan kita sebagai investor. Pada Q4 2008 dan Q1 2009, harga saham UNTR anjlok di tengah terus meningkatnya revenue. Walaupun net income UNTR relatif stagnan, hal tersebut belum bisa menjadi justifikasi yang kuat terhadap jatuhnya harga sahamnya. Jika kita yakin bahwa kondisi keuangan UNTR masih solid, tentunya hal tersebut dapat menjadi peluang bagi kita untuk melakukan pembelian. Tentunya setelah kita yakin bahwa harganya masih sesuai dengan hasil valuasi kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s