Gallery

Review Buku: One Up On Wall Street

Dunia investasi terhenyak ketika pada tahun 1990, Peter Lynch mengundurkan dari Fidelity Investments. Saat itu Peter Lynch berada di puncak karirnya dan merupakan salah satu fund manager terbaik di US.

Reksa dana yang dikelolanya, Magellan Fund membukukan return tahunan rata-rata 29,2% dari tahun 1997 sampai dengan 1990. Sebuah kinerja jangka panjang yang cukup fantastis.

Keinginan untuk meluangkan waktu lebih banyak untuk keluarga adalah alasan Peter Lynch untuk mengundurkan diri.

Buku yang dituliskan bersama dengan John Rothchild ini merupakan buah karyanya selepas dari Fidelity Investments dan menjadi Best Seller di The New York Times.

Di dalam buku ini, Lynch memaparkan filosofi investasinya. Salah satu prinsip investasinya adalah berinvestasi pada perusahaan yang kita pahami di mana kesempatan investasi seringkali kita dapatkan dari kejadian sehari-hari. Hal lain yang ia percaya, investor biasa-biasa dapat menjadi pakar di bidangnya dan dapat melakukan stock picking sebagus para profesional di bursa saham dengan melakukan sedikit riset.

Bukan sesuatu hal yang mengherankan apabila buku ini menjadi Best Seller karena banyak sekali pengetahuan mengenai investasi yang bisa kita dapatkan. Buku ini layak menjadi salah satu referensi klasik investasi.

6 thoughts on “Review Buku: One Up On Wall Street

  1. Buku yang sangat amat bagus. Saya juga baru selesai membacanya. Ada yang saya kurang mengerti yaitu bagaimana mem plot garis earnings line pada price chart saham tersebut. Angka2 tersebut adalah EPS kuartal yang disetahunkan, tetapi pada saat saya plot dengan Excel kok tidak seperti di bukunya ? Mungkin bro bisa bantu. Terima kasih.

  2. Peter lynch menggawangi harga stock dengan PE yang layak sesuai dengan tipe saham berdasarkan kelasnya, jadi stock tipe growth tinggi misalnya >20% berbeda PEnya dengan tipe growth sedang 10 s.d. 20% . Stock growth tinggi dpt dihargai dengan PE tinggi, contoh Growth 36% dgn PE 18. Atau Growth 20% dgn PE 10. Dgn formula Terbaik= PE per ( Growth + Deviden) adalah 0,5x nya. Intinya apple to apple atau orange to orange. But yang sulit adalah menilai rata-rata Growth yang pantas, lalu apakah yang dipakai adalah PE trail yang akan datang atau PE historis yang berdasarkan laporan tahunan atau laporan keuangan yang telah terbit. Ini cukup menarik utk diperdebatkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s