Gallery

ARNA: A Shiny Ceramics Producer

Mungkin tidak banyak yang mengenal PT. Arwana Citramulia, Tbk. Saya sendiri tanpa sengaja membaca laporan keuangannya yang ternyata cukup mengesankan. ARNA sendiri memiliki 3 pabrik yang berlokasi di Tangerang, Serang, dan Gresik dengan kapasitas produksi total 38,9 juta m3 pada akhir tahun 2009.

Untuk data finansialnya adalah sbb:

Terlihat bahwa dengan ROE sebesar 22,56%, ARNA terlihat cukup menguntungkan. Dengan DER hanya 78%, paparan risiko ARNA terhadap utang relatif kecil.

Hasil valuasinya adalah sbb:

Dengan harga wajar 550, ARNA terlihat atraktif sebagai lahan investasi.

Disclaimer is on.

13 thoughts on “ARNA: A Shiny Ceramics Producer

  1. Bagaimana kalau pertumbuhan EPS 5 tahun mendatang lebih rendah dari 15 % ? Untuk industri keramik saya rasa amat sulit Pak di prediksi. Ditambah lagi perusahaan hanya memiliki pangsa pasar domestic market saja.

  2. Bagaimana kalau pertumbuhan EPS kurang dari 15%? Bagaimana kalau lebih dari 15%?
    Itu sudah saya mark down growthnya. Kalau berandai-andai terus tidak akan selesai valuasinya karena terlalu takut🙂
    Knp menurut Pak Candra industri keramik sulit diprediksi? Adakah alasan yang spesifik dan faktual?

  3. Secara kualitatif saja Pak, keramik digunakan untuk pembuatan lantai rumah. Artinya harus ada pembuatan rumah baru bisa berdampak ke industri keramik. Ditambah lagi perusahaan memiliki pangsa pasar domestik saja.

  4. thx atas sharing infonya.

    disaat market over-optimistic seperti saat ini, saya tidak menyangka ada saham yang masih murah (dengan valuasi bung parahita) seperti ARNA. Sepertinya ARNA sangat menarik untuk dipelajari lebih lanjut

  5. @bro xendas. sebenar nya selain ADMF yg masih murah. ada 1 lg saham murah yg ane tau. saham ini dari LK nya cukup bagus. bisnis nya cukup kompetitif.
    nama saham nya MICE
    coba de agan cek LK nya MICE. Fyi MICE itu perusahaan penghasil produk2 bayi dengan merk Pigeon.
    nah itu dari LK, prospek bisnis nya. cmn dari management nya saya masih cukup bingung. sekarang management sedang mau ekspansi bisnis ke pembuat lampu hemat yg notabene ga ada hub dengan core bisnis. padahal menurut saya masih banyak produk2 bayi yg tidak di miliki MICE knp musti sampe jauh dari core bisnisnya. jd ini menjadi bahan pertimbangan buat saya.

    @bro parahita, blh minta tolong di hitungin valuasi nya MICE ga ? thanks.
    saya sebnr nya udah hitung2. n dapet 5xx sebagai harga wajar nya. tapi takut salah @_@. thanks ya bro.

  6. @David
    Betul bro, saya juga jadi pengen liat2 laporan tahunannya. Sepertinya itu diversifikasi usaha yang cukup jauh dari corenya.
    Bisa dishare bro perhitungannya?Biar sama2 bisa belajar di sini.

    Tks,

  7. 75% sales ARNA di 2010 dilakukan kepada satu pihak, yaitu Catur Sentosa Adiprana (katanya punya hubungan istimewa). Hubungannya apa ya ? Apa gak beresiko kalo tiba2 putus kerja sama, sales ARNA bakal anjlok donk ?

  8. @bbmatt
    paste value aja

    @Davi Sukses
    pengamatan yang bagus. CSAP dan PGK (anak perusahaan ARNA) dikendalikan oleh manajemen kunci yang sama.

  9. Pingback: ARNA: Still Compelling | Pojok Ide Investasi

  10. Pak Parahita, saya cek di laporan keuangan FY 2010 & 2011 ARNA, bagian lampiran, bagian Susunan Entitas Anak, tidak ada mencantumkan CSAP sebagai anak prsh ARNA. Dari mana ya kita bisa tau CSAP anaknya ARNA ? Thanks…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s