Gallery

Review Buku: Detektif Ekonomi (The Undercover Economist)

Ketika berbicara mengenai ekonomi, apa yang Anda bayangkan? Jika Anda membayangkan sebuah ilmu yang rumit dan sangat akademis, sayang sekali. Ilmu ekonomi yang baik adalah ilmu yang mampu menerjemahkan fenomena sosial menjadi dapat lebih dipahami. Ekonomi sendiri mempelajari bagaimana manusia memenuhi kebutuhannya di tengah keterbatasan sumber daya.

Tim Harford adalah seorang ekonom yang mampu mengubah cara pandang kita terhadap kehidupan sehari-hari, dari sisi ekonomi tentunya. Di tangan Tim Harford, ekonomi bisa menjadi penuh humor tanpa mengurangi esensinya. Tidak banyak campur tangan statistik dalam buku ini (thanks God🙂 ), hanya logika berpikir kita yang ditantang untuk memahami lebih dalam mengenai fenomena yang terjadi sehari-hari di dalam hidup kita.

Tanpa sadar, Harford telah ‘meracuni’ kita dengan teori-teori ekonomi tanpa kita sadari. Bungkus cerita yang menarik membius kita sehingga tidak menyadari bahwa kita telah melahap teori ekonomi. Harford memaparkan bagaimana rantai perdagangan kopi dari hulu ke hilir dapat menjelaskan apa yang telah dikemukakan oleh Keynes? Mengguruikah? Tidak sama sekali. Anda juga dapat memahami strategi pricing Starbucks dari kaca mata ekonom. Anda bukan seorang ekonom? Justru Anda akan lebih menikmati apa yang dituturkan Harford dalam buku ini.

Buku ini sendiri merupakan best seller di The Sunday Times. Harford sendiri merupakan kontributor di Financial Times dan pernah mengisi acara TV di BBC “Trust Me, I’m An Economist”.

Mungkin Anda akan membandingkan Detektif Ekonomi dengan Freakonomics-nya Steven Levitt. Ya, memang ranah yang dipilih Harford adalah ekonomi populer, sama seperti Levitt. Ada masalah? Tidak ada. Anda akan menikmati buku ini dengan ditemani secangkir kopi di hari Minggu pagi yang tenang seperti yang ada di cover buku ini.

One thought on “Review Buku: Detektif Ekonomi (The Undercover Economist)

  1. buku ini sangat menarik mas..
    tp alih bhsnya itu lho yg bikin pusing,terjemahannya kurang bgtu bagus..
    alur bacanya bhs indonesia (buku)->translate bhs inggris (di otak) ->bhs indonesia (baru ngerti) :p hahahaha

    overall ini buku bagus,bisa bikin org “ngeh” ma yg dilakuin oleh para pelaku ekonomi..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s