Gallery

KLBF Redux: It Would Be Better for Us to Be Patient

Sebelumnya valuasi KLBF sudah dipaparkan di blog ini di sini. Untuk mereview, saat itu harga KLBF tertekan sampai ke level 460 saat valuasi dilakukan. Hasil valuasi saat itu menunjukkan harga wajar KLBF adalah 1,051 yang sudah tercapai saat ini bahkan melebihi target.

Untuk itu, ada baiknya kita melakukan valuasi ulang untuk menentukan apakah KLBF masih atraktif untuk berinvestasi. Berikut adalah beberapa data keuangan penting KLBF:

Tampak bahwa hal yang paling mencolok adalah turunnya rasio debt to equity hingga hanya 7,9%. KLBF juga cukup profitable dengan ROE sebesar 25,65%. Untuk net profit margin memang hanya 10,22% dan merupakan tipikal perusahaan farmasi. Sementara itu free cash flow KLBF mengalami perbaikan signifikan (naik lebih dari 100% dari tahun sebelumnya).

Secara umum dapat dikatakan KLBF cukup ‘sehat’🙂

Bagaimana dengan hasil valuasinya?

Sayang sekali untuk saat ini harga KLBF terlihat cukup mahal. Dengan harga wajar 1,404 tampaknya kita harus lebih bersabar lagi untuk bisa mulai berinvestasi di KLBF.

Disclaimer is on.

7 thoughts on “KLBF Redux: It Would Be Better for Us to Be Patient

  1. Tanya bentar Pak, kalau Total Asset dibagi outstanding share apakah itu nilai asli dari pada itu saham ? ini diluar konteks valuasi yang memproyeksikan growth kemudian di present value kan.

  2. Asset adalah alat produksi yang dapat digunakan untuk menghasilkan laba. Nilai asset per lembar saham menggambarkan berapa nilai alat produksi kita. Untuk mengetahui nilai suatu saham kita sebaiknya menilai potensi bisnisnya.

    Sebenarnya menilai aset ini bisa juga dijadikan sebagai salah satu acuan valuasi, terlebih apabila perusahaan yang dinilai dalam kondisi distress (hampir bangkrut). Pada kondisi tsb, praktis yang bisa kita nilai adalah asetnya saja karena bisnisnya sudah ambruk.

  3. kan lucu kalau saham yang total asset nya kecil dengan pertumbuhan laba yang minus serta prospek bisnis yang hancur bisa dihargai sangat mahal. Maka dari itu harga asli saham menurut saya adalah total asset dibagi jumlah saham beredar. Setelah itu tergantung kita memproyeksikan growth ke depan dan nilai terminal valuenya.

  4. Mungkin lebih tepatnya adalah book value (equity per share). Kalau assets per share itu kita juga menilai hak para kreditur.

    Rumus dasar:
    equity = assets – liabilities

    Modal adalah aset dikurangi dengan kewajiban.

  5. Kalau kreditur kan tidak dimasukkan pada total asset Pak, tapi masuk ke bagian Liabilities. Kewajiban yang harus dibayarkan perusahaan baik itu jangka panjang maupun jangka pendek.

  6. Mungkin pengertian assets tertukar dengan equity.
    assets = liabilities + equity. Artinya, kalau kita berbicara mengenai assets ada hak milik seluruh stakeholder, yaitu kreditur dan stock holder.

    equity (hak stock holder) adalah apa-apa yang tersisa setelah kita mengurangkan assets dengan liabilities.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s