Gallery

Review Buku: Rumus Ajaib Menaklukkan Pasar

Beberapa minggu yang lalu saat saya sedang berjalan-jalan di Blok M Square, tanpa sengaja saya melihat buku ini di lapak buku bekas yang ada di basement. Buku ini merupakan terjemahan dari buku “The Little Book That Beats The Market” karangan Joel Greenblatt. Saya tidak menyangka bahwa buku yang menjadi best seller tahun 2005 ini ada terjemahannya🙂 Rekan-rekan mungkin masih ingat saya pernah menulis mengenai ‘magic formula’? Ya, benar. ‘Magic formula’ adalah hasil karya dari Joel Greenblatt yang detail penjelasannya dituangkan di dalam buku ini.

Sebenarnya buku ini tidak semata-mata menceritakan mengenai ‘magic formula’. Dari awal buku, Greenblatt dengan sabar menuntun kita untuk memahami filosofi investasi yang paling dasar. Walaupun hendak menyampaikan sesuatu yang cukup kompleks, buku ini disampaikan secara naratif sehingga terasa ringan walaupun topik yang dibawakan cukup berat. Untuk membuatnya  menjadi lebih hidup, Greenblatt menggunakan perbincangan dengan anaknya sepanjang buku ini untuk menganalogikan serta menjelaskan konsep-konsep mengenai investasi. Buku ini bisa membuka mata kita dan melihat bagaimana konsep berinvestasi secara rasional dimulai dari hal-hal yang paling mendasar.

Jika Anda mengharapkan bahwa buku ini adalah tipe buku “Menjadi Kaya dalam Sekejap”, Anda akan kecewa. Buku ini mencoba untuk meluruskan pemikiran dan pandangan kita mengenai investasi.  Greenblatt sendiri dalam buku ini berusaha memastikan bahwa kita memahami dasar-dasar investasi yang dipaparkannya sebelum melangkah masuk ke dalam topik mengenai ‘magic formula’.

Seperti yang pernah saya tulis di artikel sebelumnya, ‘magic formula’ sendiri terlihat sangat sederhana karena hanya melibatkan dua kriteria untuk memilih saham. Sayangnya, istilah sederhana tersebut hanya berlaku jika kita menggunakannya tanpa mengetahui filosofi di baliknya. Bagi saya sendiri, ‘magic formula’ merupakan intisari dari value investing.

Kelemahan dari buku ini adalah kualitas terjemahannya yang kurang baik. Walaupun begitu, jangan salahkan saya apabila Anda tidak bisa melepaskan buku ini sebelum menyelesaikan isinya🙂

2 thoughts on “Review Buku: Rumus Ajaib Menaklukkan Pasar

  1. Pingback: Quiz: Undangan untuk Menuangkan Ide Valuasi (UNVR) | Pojok Ide Investasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s