Gallery

Hasil Valuasi Beberapa Saham dengan Menggabungkan Metode Graham-Lynch

Apabila pada tulisan beberapa waktu yang lalu saya membahas mengenai bagaimana melakukan valuasi dengan metode yang diperkenalkan oleh Benjamin Graham, maka pada kali ini saya akan mencoba menyajikan hasil valuasi untuk beberapa saham pilihan. Growth saya ambil dari reuters.com yang merepresentasikan estimasi dari beberapa analis saham. Data EPS yang saya gunakan adalah data Full Year 2009. Agak terlambat memang. Jika Anda ingin mengupdate dengan data kuartalan terbaru dipersilakan.

Hasilnya adalah sbb:

Terlihat bahwa jika menggunakan metode Graham (saya menggunakan versi yang konservatifnya), sebagian besar saham masih undervalued. Tentu saja hal ini menimbulkan pertanyaan tersendiri. Untuk mengurangi keraguan, saya mencoba menggabungkannya dengan metode PEG (PER to growth) dari Peter Lynch yang juga telah saya bahas sebelumnya di sini. Jika suatu saham undervalued tetapi memiliki PEG > 1 maka saya akan memberikan remarks “WARNING”. Artinya, sebaiknya kita menunggu harga sahamnya turun dahulu sebelum melakukan pembelian.

Disclaimer is on.

23 thoughts on “Hasil Valuasi Beberapa Saham dengan Menggabungkan Metode Graham-Lynch

  1. Pak PER 20.99 untuk jasa marga dapat dari mana ya Pak ? Current Price = 3075
    Current EPS = 95.24
    3075/95.24 = 32,28

    Mohon informasinya Pak terima kasih.

  2. Terus saya masih bingung untuk EPS sebesar 147 pada Jasa Marga yang digunakan Bapak itu dari mana angkanya dapat ? Bisa dikasih tahu Pak informasinya. Terima kasih.

  3. Terima kasih lagi utk postingnya bang parahita

    @Rena, maaf bukan sok tau, keliatannya EPS JSMR yang dipake bang parahita adalah EOY 2009 yakni sebesar 146 koma sekian dan dibulatkan menjadi 147.
    Btw, bang parahita pertanyaan saya, kalau kita hendak melakukan valuasi saat ini dengan Lap Keuangan Q2 2010 apakah EPSnya harus disetahunkan terlebih dahulu?
    Karena saya coba valuasi beberapa saham tanpa menyetahunkan EPS, koq hasilnya overvalued semua alias terlalu jauh minus Margin of Safetynya.

    Terima kasih dan mohon bimbingannya

    Bayu Parahita

  4. Ya setelah saya cek laporan keuangan jasa marga net income 2009 sebesar 992.693.559 sedangkan jumlah saham yang beredar 6.800.000.
    992.693.559/6.800.000 = 145,98 tidak beda jauh dengan 147. Mungkin saja EPS yang digunakan adalah EPS 2009 lalu.

  5. EPS kuartal harus disetahunkan dulu utk perhitungannya. Please CMIIW.

    Blog ini sangat bagus sekali, saya belajara banyak.

    Saya ada usulan, kalu selama ini yang dibahas adalah tentang analisa Fundamental dan kriteria memilih saham2 terbaik, bagaimana kalau boleh di sharing juga untuk kriteria penjualan suatu saham. Tentu hal ini akan menarik juga.

    Ditunggu tulisan2 bro Parahita selanjutnya.

    Terima kasih banyak untuk sharing knowledge nya.

  6. @Rena & Bayu Parahita
    Saya menggunakan data full year 2009. Btw, EPS Q2 2010 JSMR yang 95,24 sepertinya harus disetahunkan dahulu untuk melakukan proyeksi. Kalau tidak hasil valuasinya akan sangat rendah.

    @Aneka
    Tks untuk masukannya. Saya akan coba tulis mengenai hal tersebut.

  7. Pak untuk metode valuasi saham ada berapa metode ya Pak ? saya ingin sekali menguasai semua metode valuasi sebuah saham. Sangat sulit sekali karena buku di gramedia sangat sedikit yang menjual valuasi saham. Yang ada paling metode DDM, CAPM. Ada referensi Pak buku mana yang membahas valuasi ?

  8. Wah, metode valuasi itu banyak sekali. Namun secara umum bisa dikategorikan menjadi 4:
    – Relative valuation –> misalnya: PER, PEG, PSR
    – Discounted Cash Flow –> misalnya: DDM, FCFE, FCFF
    – Real Option valuation
    – Contingency valuation

    Untuk referensi bisa cek di bukunya Aswath Damodaran.

  9. Bp. Parahita,
    Saya belajar menghitung nilai wajar beberapa saham dengan metode graham dan saya kirim ke email Bapak, mohon dibantu untuk koreksi sudah benar atau belum valuasi yang saya buat.

    Terima kasih sebelumnya
    Bayu P

  10. Bro,

    Nice blog.
    Btw saya mau tanya, lebih baik growthnya pakai LT Growth atau EPS Growth 5 years? Karena saya lihat nilainya berbeda. Sebagai contoh untuk KLBF di reuters,
    LT Growth = 20,73
    EPS Growth 5 years = 16,92

  11. @Albert
    LT Growth itu adalah konsensus para analis tentang prospek perusahaan ke depan.
    Kalau EPS growth 5 yrs itu berdasarkan nilai historis.

  12. nice inpo…….sangat membantu saya yg gi nyusun skripsi tentang valuasi……oh iya kalo boleh tulung posting tentang valuasi dengan model gordon…..hehehehehe….buat tambahan ilmu aja….sebelum dan sesudahnya matur tengkiu

  13. Salam kenal Mas Parahita..kita juga baru belajar nih..
    tp sebelumnya banyak terima kasih atas ilmu yang telah di sharing oleh anda dan semoga Allah SWT akan menambahkan ilmu anda..
    oya saya mau nanya apakah LT growth di valuasi bbrp saham dgn metode Graham tersebut diatas tidak diturunkan sesuai standar yg dijelaskan di bab Bagaimana Cara Menentukan Harga Wajar? jika Growth melebihi 15 % kita gunakan 15% dan jika dibawah 15 % kita gunakan 10 %. Apa memang beda rumus LT Growth dgn rumus mencari rata2 EPS Perusahaan 5 tahun ke belakang? mohon penjelasannya. Dan Harga wajar tersebut diatas apakah tidak di Margin Of Safety 50%. Mtur Nwn Sgt

  14. mas parahita..nanya donk…OOT nih, kalo mas bikin excel gitu, input nya satu satu ya (manual) atau ngambil otomatis dari suatu website ato bagaimana ya?

    makasih ya mas..sori nanya masih bingung bikin nya

Leave a Reply

