Gallery

Kinerja Reksa Dana Saham 2010

Setelah sekian lama, saya akhirnya kembali mencoba untuk membahas mengenai reksa dana, khususnya reksa dana saham. Harus diakui bahwa reksa dana saham mengalami perkembangan yang pesat. Apabila dahulu para investor cenderung untuk menghindari risiko sehingga jumlah reksa dana pendapatan tetap terlihat sangat dominan, maka saat ini sudah cukup banyak investor yang berani berinvestasi melalui reksa dana saham. Sebagai bahan pertimbangan, ada baiknya kita memperhatikan kinerja reksa dana yang akan kita pilih. Walaupun berulang kali dinyatakan bahwa kinerja masa lalu tidak menggambarkan kinerja masa depan, akan tetapi kinerja masa lalu yang cemerlang dan konsisten dari waktu ke waktu bisa menjadi tolak ukur kinerja fund manager. Data pengukuran saya ambil per bulan dengan data terakhir adalah bulan Juli 2010.

Kali ini saya mengukur kinerja reksa dana saham dari dua sisi. Yang pertama adalah total return dan yang kedua adalah risk-adjusted return. Risk-adjusted return merupakan nilai relatif return terhadap volatilitasnya. Untuk pengukuran kali ini saya menggunakan Sharpe Ratio dengan formula sbb:

S = (re – rf)/stdev

di mana:

S : Sharpe Ratio

re: average return

rf: risk-free return

stdev: standar deviasi (menyatakan tingkat volatilitas return)

Untuk memantau konsistensi suatu reksa dana dari waktu ke waktu, saya memperlihatkan bagaimana peringkat kinerja reksa dana saham untuk berbagai periode pengukuran, yaitu 1 tahun, 3 tahun, 5 tahun, dan 10 tahun. Dengan demikian kita akan mendapatkan gambaran yang lebih komprehensif mengenai kinerjanya. Yang patut dicermati adalah adanya survival effect yang menyebabkan reksa dana yang usianya sudah panjang rata-rata kinerjanya terlihat bagus. Hal ini disebabkan karena reksa dana ‘sebayanya’ yang kinerjanya kurang bagus sudah banyak berguguran.

Kinerja Reksa Dana Saham 2010, Sumber: Bapepam, diolah

Saya tidak akan banyak mengomentari. Dengan melihat tabel kinerja tersebut, Anda bisa melakukan penilaian sendiri🙂

Disclaimer is on.

7 thoughts on “Kinerja Reksa Dana Saham 2010

  1. Bro, nubie banget mau tanya, untuk DCA longterm sebaiknya rd apa?
    saya baru mulai dengan manulife dana saham (dengan pertimbangan subs fee 0%, heheh), tapi ternyata sama sekali ngga masuk peringkat yah..
    terima kasih banyak.

  2. bro mau nanya, data per tahun gitu gimana dapetnya? dan gimana olahnya biar bisa tau itu dah tepat? trims, reply yah,, ga ngerti tp mau blajar soal reksadana.

  3. Coba cek di web Bapepam, bagian pusat informasi reksadana.

    Kalau mengolahnya panjang ceritanya karena harus mengetahui dulu konsepnya🙂
    Mungkin bisa baca2 buku mengenai investasi.

  4. Pingback: Ringkasan Portofolio « Dinisetyowati's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s