Gallery

Bagaimana Cara Mencari Ide untuk Investasi Saham?

Sejauh ini, saya telah bercerita bagaimana kita melakukan analisa fundamental sampai dengan melakukan valuasi. Dengan banyaknya emiten yang terdaftar di BEI dan terus bertambah setiap tahunnya, akan sangat merepotkan apabila kita melakukan analisa terhadap tiap-tiap perusahaan tersebut.

Salah satu cara yang biasa saya gunakan adalah melihat pengumuman kinerja tiap kuartal. Informasi ini bisa kita peroleh dari surat kabar ataupun portal-portal berita di internet. Setiap kuartal, emiten diwajibkan untuk mengumumkan kinerjanya selama kurun waktu tersebut. Saya sendiri memasukkan RSS feed ke handset Blackberry saya sehingga setiap kali beritanya muncul saya bisa mendapatkannya. Kita bisa mengetahui bahwa kuartal ini, keuntungan perusahaan X mengalami kenaikan yang cukup tinggi ataupun sebaliknya. Informasi ini sangat berharga karena bagaimanapun juga, tujuan dari suatu perusahaan adalah mendapatkan keuntungan. Sebagus apapun strategi yang telah dirancang, segencar apapun program marketing yang telah diluncurkan, tidak akan ada artinya (paling tidak sampai saat itu) apabila tidak dapat menghasilkan keuntungan bagi perusahaan. Berangkat dari informasi tersebutlah kita mulai dapat membuka-buka laporan keuangan emiten tersebut untuk menggali lebih dalam apakah memang benar emiten tersebut bagus kinerjanya. Jika setelah kita melakukan analisa memang benar ternyata kinerjanya bagus dan kita bisa membelinya dengan harga yang masuk akal, apa lagi yang kita tunggu?

Seorang Warren Buffett memang cukup tekun untuk menganalisa ribuan laporan tahunan dan jerih payahnya tersebut menghasilkan keuntungan yang sangat besar baginya. Saya sendiri tidak cukup rajin untuk membaca setiap laporan yang diterbitkan oleh karenanya saya harus mencari cara yang lebih efektif dengan menganalisa emiten yang kinerjanya cukup menjanjikan seperti yang telah saya katakan sebelumnya. Saat ini banyak sekali website yang dapat menampilkan ringkasan laporan keuangan dan itu sangat membantu saya dalam melakukan analisa.

Cara lain untuk mendapatkan ide investasi adalah dengan mendengarkan baik-baik pendapat seseorang mengenai prospek suatu saham. Walaupun mungkin tidak kita terima, paling tidak saya akan mencoba menguji kebenaran pendapatnya dengan membaca laporan keuangan emiten yang bersangkutan. Jika memang ternyata apa yang dikatakannya benar tidak ada salahnya kita membeli saham tersebut. Berterima kasihlah pada rekan kita tersebut karena secara tidak langsung telah memberikan keuntungan bagi kita.

Deretan saham teraktif ataupun saham dengan kenaikan tertinggi juga sering memberikan pencerahan bagi saya. Kata orang tidak ada asap tanpa api. Pepatah tersebut benar adanya, namun kita harus memastikan bahwa pemicu pergerakan saham-saham tersebut adalah kinerjanya yang bagus dan bukan hanya permainan belaka. Warren Buffett mungkin akan mencela cara saya itu habis-habisan namun apabila memang kali itu market benar, tidak ada salahnya kita sejalan dengan market🙂. Tentu saja kita harus memiliki alasan yang kuat sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian.

Jika masih belum cukup juga, kita bisa meniru cara Peter Lynch dalam mencari ide. Saat jalan-jalan ke mal, perhatikan apa saja produk yang banyak dipakai dan disukai. Produk-produk tersebut seharusnya akan dapat mendongkrak perusahaan yang memproduksinya. Buktikan hipotesis tersebut dengan angka-angka di laporan dan keberuntungan akan menjadi milik kita🙂.

One thought on “Bagaimana Cara Mencari Ide untuk Investasi Saham?

Leave a Reply

