Gallery

MEDC: Runs with Low Octane Gasoline

Di tengah gonjang-ganjingnya harga minyak dunia tentu saja akan sangat menarik jika kita membahas mengenai MEDC. Saham ini kinerjanya sangat ditentukan oleh harga minyak dunia. Pada tahun 2008, perusahaan ini berhasil membukukan laba yang cukup fantastis dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Sayangnya, sebagian besar laba perusahaan disumbangkan oleh pelepasan anak perusahaan, yaitu sekitar 260 juta US$. Walaupun begitu dengan asumsi harga minyak dunia pada tahun 2009 berada di kisaran $65 per barrel, hasil valuasi MEDC menunjukkan bahwa saham ini masih cukup pantas untuk dilirik. Selama beberapa tahun terakhir, harga saham MEDC memang cenderung tidak stabil sehingga diperlukan perhatian ekstra dalam melakukan valuasi.

Berikut adalah hasil valuasi MEDC:

MEDC_Val

Ternyata value MEDC saat ini adalah 3,217. Saat ini MEDC diperdagangkan di level 3,250. Jika kita cukup optimis, maka bisa saja kita membeli saham ini, walaupun secara valuasi, harga MEDC sudah berada di kisaran fair valuenya.

Disclaimer is on.

2 thoughts on “MEDC: Runs with Low Octane Gasoline

  1. Bro, tahun depan diperkirakan sektor infrastruktur juga akan naik, tidak hanya komoditas dan energi (2 bulan ini terlihat saham properti juga sudah mulai hidup).
    Secara FA , bisa tolong bantu compare fair value WIKA dan ADHI? Tku/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s