Gallery

AUTO: Saham yang Sering Terlewatkan

AUTO (Astra Otoparts) adalah salah satu anak perusahaan Astra International.  Perusahaan ini merupakan perusahaan manufaktur suku cadang dan distribusinya. Suku cadang yang diproduksi oleh AUTO tidak hanya dipasarkan di dalam negeri namun juga diekspor ke negara lain.  Pelanggan AUTO adalah agen penjual otomotif utama dan ATPM seperti BMW, Bimantara, Chrysler, Chevrolet, Daihatsu, Daewoo, Ford, Hino, Honda, Hyundai, Isuzu, Kawasaki, Mazda, Mercedes Benz, Mitsubishi, Nissan, Opel, Peugeot, Suzuki, Toyota, Vespa, dan Yamaha.

Saham AUTO tidak banyak diperdagangkan sehingga harganya cenderung stabil. Tidak disangka ternyata perusahaan ini dinilai terlalu murah oleh pasar. Walaupun begitu, tidak dapat dipungkiri bahwa krisis finansial yang saat ini melanda dunia tentu akan berpengaruh pada penjualan AUTO. Oleh karena itulah kita harus selalu memberikan margin of safety terhadap hasil valuasi kita.

Mari kita mulai melakukan valuasi terhadap AUTO.

auto

Saat ini AUTO diperdagangkan di level Rp 2,900. Jika kita memberikan margin of safety 50%, maka harga tertinggi yang pantas kita bayarkan adalah 2,919. Agak mepet memang. Akan tetapi ingat. Harga tersebut hanyalah target harga tahun 2009. Tahun-tahun selanjutnya nilainya akan menjadi lebih tinggi.

Jika kita lumayan optimis dan memberikan margin of safety hanya 30%, maka harga wajar AUTO untuk tahun 2009 adalah 4,086. Masih jauh di atas harga saat ini. Silakan menentukan keputusan Anda 🙂

disclaimer is on.

8 thoughts on “AUTO: Saham yang Sering Terlewatkan

  1. pak, saya mau nanya dong.

    masi pemula neh.

    itu data2 kyk gitu bisa di liat dimana ?
    ada web nya ?

    saya juga pengen dung data2 kyk gitu, supaya bisa liat2 saham2 yg bagus yg mana

    tolong di email yah ke saya

    di ->

    stevenh-8787@hotmail.com

    di tunggu yah pak, terima kasih.

    ^_^

    salam kenal.

  2. Pingback: Berburu Perusahaan Yang Solid (Bagian 1) | Pojok Ide Investasi

Leave a reply to Steven Cancel reply