Gallery

ASII: The Automotive Giant Revisited

Jika kita berbicara mengenai ASII, asosiasi kita adalah suatu kerajaan otomotif terbesar di Indonesia. Walaupun pemikiran itu tidak sepenuhnya benar (di dalam ASII ada perkebunan, bank, dan juga alat berat), tidak dapat dipungkiri bahwa trade mark ASII adalah otomotif. Di saat krisis seperti ini, harga saham ASII terombang-ambing karena badai. Harga sahamnya sempat turun tajam ke 7,100 dan sekarang sudah kembali ke level 12,200. Sebagai catatan, harga saham ASII sempat mencapai rekor tertinggi di 30,100 pada tanggal 14 Januari 2008. Sangat tragis bagi pemegang sahamnya namun sebuah peluang bagus bagi pemburunya.

Bagaimana dengan harga wajar ASII? Tentu kita harus melakukan valuasi sebelum memutuskan untuk mulai berinvestasi. Mari kita mulai. Kalau masih bingung mungkin bisa melihat bagaimana melakukan perhitungan secara lebih detil di sini :

http://parahita.wordpress.com/2008/11/15/bagaimana-cara-menentukan-harga-wajar-saham/

asii_val

Saya memberikan opsi 50% safety margin dengan catatan kondisi market memburuk. Namun 30% safety margin untuk saat ini sudah cukup dan memberikan kita entry level maksimum 13,016 untuk mendapatkan return 18.16% per tahun. Sebenarnya bisa lebih (18,594 tanpa safety margin), sayangnya kita tidak akan pernah tahu apakah perhitungan kita cukup akurat sehingga kita harus memperkecil risiko kita dengan memberikan safety margin. Tentu saja jika kita bisa membeli di harga di bawah itu, return kita akan bertambah besar.


Disclaimer is on

6 thoughts on “ASII: The Automotive Giant Revisited

  1. Astra International itu sangat bergantung dari AUTO, AALI ama UNTR kalo ketiga anak usaha ini untung harusnya kembali ke 30rb adalah masalah waktu saja… Agree dengan prediksi harga saham lo Ta, mungkin tahun ini ASII ada di level 18.000-22.000 (kalo gak ada kejadian yang aneh2 nih :))

  2. salam kenal. saya Ryan, mhs analis efek STAN. kebetulan saya dapet tugas nyari nilai wajar ASII ini juga, tapi berhubung annual report 2008 udah keluar saya pakai itu deh dengan proyeksi 4 tahun. makasih atas tutornya ya🙂

  3. Emm.. Tugas Akhir saya mengenai perhitungan nilai wajar dengan dua pendekatan. pendekatan dividen dan PER. Sample sektor yang saya teliti ASII periode 2003-2008.. Hasil akhir berkata, kalau ASII berada dalam keadaan overvalued. kalo dihubungkan m harga saham dalam kenyataan, ga mungkin banget.. toh harga pasar saham ASII terus naik.. nah kalo overvalued kan berarti investor melepas saham ASII biar ga kena rugi di kemudian hari.. tapi buktinya, kesempatan emas bwat investor bwat lomba-lomba dapetin saham ASII… bantuin dong!! Apa gw salah ngitung yaa? Tapi udah dihitung berkali2 hasilnya sama gt2 juga.. gw pake metode CAPM.. minggu depan sidang euy! tanggal 5 Agustus.. Reply secepetnya… Thx Before….

    • @Ryan
      sama2🙂

      @Meity Pasha
      Waduh, sori telat bales. Alasannya sebenernya simpel aja. Terkadang market terlalu terbawa euforia shg terjadi bubble. Semoga sidangnya sukses🙂

  4. Pingback: Berburu Perusahaan Yang Solid (Bagian 1) | Pojok Ide Investasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s