Gallery

Renungan Akhir Tahun 2008

Bagi para investor, tahun 2008 ini sangat “berkesan”. Setelah sempat rebound ke level 2.830 pada awal Januari 2008, sepanjang tahun IHSG terus meluncur turun dan sempat menyentuh level 1.113 pada tanggal 28 Oktober yang kemudian ditutup di 1.355 pada penghujung tahun.

Tentu saja tahun 2008 bukan tahun yang nyaman bagi sebagian investor. Saya bilang sebagian karena saya yakin ada investor yang sempat “mencairkan” investasinya sebelum merosot dan sekarang sedang menunggu saat-saat untuk menanam lagi. Bagi para investor yang menyaksikan nilai investasinya jatuh sampai dengan lebih dari 50%, tentu banyak hikmah yang dapat diambil. Seandainya Anda menerapkan DCA, lanjutkan. Jika Anda secara disiplin menerapkannya, semestinya harga rata-rata perolehan investasi Anda cukup murah. Jika Anda investor Buy n Hold, sabar lah. Tentunya dengan menjadi investor Buy n Hold, horison investasi Anda pasti cukup panjang untuk dapat menahan gejolak bursa.

Tidak selamanya market akan jatuh. Demikian juga sebaliknya. Tidak akan bursa mengalami bullish terus-menerus. Harus diakui, krisis 2008 ini adalah salah satu krisis terburuk sejak great depression 1929 di AS. Toh, terbukti DJIA mampu untuk bangkit walaupun membutuhkan waktu yang cukup panjang.

Saat saya menulis artikel ini, jam menunjukkan pukup 23:25, 35 menit menjelang pergantian tahun. Saya tidak akan mengatakan tahun 2009 akan menjadi tahun yang mudah. Tahun 2009 kita akan menghadapi Pemilu yang sangat rentan akan gejolak. Kembali lagi, kita harus pandai-pandai menyikapinya. Disiplinlah dengan tujuan dan metode investasi Anda. Palin tidak Anda akan dapat mengambil keputusan dengan lebih rasional.

SELAMAT TAHUN BARU 2009!!!

One thought on “Renungan Akhir Tahun 2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s