Gallery

Kalah Kliring

Hari ini tersiar kabar bahwa Bank CIC mengalami “kalah kliring” sehingga sahamnya disuspensi oleh BEI. Berita ini telah dibenarkan oleh Gubernur BI, Boediono di website Antara. Apakah yang disebut dengan kalah kliring itu?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, perlu dijelaskan bahwa arti kliring adalah pertukaran warkat (bisa berupa cek, giro/bilyet, nota debet/kredit dan lainnya) atau data keuangan elektronik antar peserta (bank) kliring baik atas nama peserta (bank) maupun atas nama nasabah peserta yang perhitungannya diselesaikan pada waktu tertentu. Jadi, jika ada peserta (bank) kliring yang mengalami kalah kliring itu artinya bank tersebut mendapat banyak kewajiban pembayaran ke sejumlah peserta (bank) kliring lainnya yang tak sebanding dengan hak (tagihan) pembayaran pada satu hari kerja kliring.

BI tidak melarang adanya bank yang kalah kliring namun BI menghimbau agar bank mampu mengelola cash flow yang cukup untuk kebutuhan kliring. Kalah kliring memang masih dimaklumi karena bank umumnya hanya mengetahui transaksi kliring keluar dari banknya dan tidak mengetahui transaksi kliring yang masuk. Tentu saja hal ini menjadikan bank rentan terhadap kejadian kalah kliring.

Cara mengatasi permasalahan ini ada beberapa macam.

  1. Yang pertama, bank menyuntikkan dana dengan memanfaatkan kelebihan dana pada giro wajib minimum di BI.
  2. Cara kedua adalah dengan mencari pinjaman dari Pasar Uang Antar Bank (PUAB).
  3. Cara terakhir adalah dengan memanfaatkan fasilitas dari BI. Fasilitas ini dapat berupa Fasdis I untuk fasilitas diskonto jangka pendek atau Fasdis II yang merupakan fasilitas diskonto jangka panjang. Cara ini biasanya berusaha dihindari karena akan menyebabkan kepercayaan masyarakat pada bank tersebut akan berkurang.

Walaupun sering dikonotasikan secara negatif, namun kejadian kalah kliring ini merupakan hal biasa. Yang perlu diwaspadai adalah jika ada bank yang mengalami kalah kliring berulang-kali. Hal tersebut dapat menjadi indikasi bahwa bank tersebut mengalami permasalahan cash flow.

2 thoughts on “Kalah Kliring

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s