Gallery

Cara Kerja Bursa Saham

Alkisah di sebuah desa datanglah seorang laki-laki yang mengumumkan kepada penduduk desa bahwa ia akan membeli monyet dengan harga 50 ribu rupiah per ekor. Melihat banyaknya monyet yang berkeliaran di sekitar desa, para penduduk desa pergi ke hutan untuk menangkap monyet.

Laki-laki tersebut membeli ribuan monyet dari para penduduk desa dengan harga 50 ribu rupiah. Akibatnya, jumlah monyet yang berkeliaran semakin berkurang dan susah dicari sehingga para penduduk desa pun berhenti mencari monyet. Laki-laki tersebut kemudian mengumumkan lagi bahwa sekarang ia akan membeli monyet dengan harga 100 ribu rupiah per ekor. Pengumuman baru ini membuat para penduduk desa bersemangat dan mulai mencari monyet lagi.

Dalam waktu singkat, jumlah monyet yang bisa ditangkap menjadi jauh berkurang dan orang-orang kembali bartani. Uang 100 ribu rupiah yang ditawarkan untuk seeekor monyet terlihat sangat sedikit apabila dibandingkan dengan usaha yang sulit untuk menangkapnya. Apa yang bisa ditangkap? Monyet saja sudah jarang terlihat.

Sekali lagi laki-laki tersebut mengumumkan bahwa ia akan membeli monyet dengan harga 400 ribu rupiah. Karena dia akan ke luar kota untuk mengurusi bisnisnya, asistennya yang akan membeli monyet-monyet untuknya.

Pada saat laki-laki tersebut tidak ada, asistennya berkata pada para penduduk desa. “Coba lihat monyet-monyet yang telah dikumpulkan oleh bos saya. Saya akan menjual monyet-monyet tersebut kepada kalian dengan harga 250 ribu rupiah dan ketika bos saya datang dari kota, kalian dapat menjual monyet-monyet tersebut kepadanya dengan harga 400 ribu rupiah.

Para penduduk desa menguras seluruh tabungannya dan membeli seluruh monyet-monyet yang ditawarkan.

Setelah itu, laki-laki tersebut maupun asistennya tidak pernah terlihat lagi.

Yang ada hanyalah monyet di mana-mana!!!

Selamat datang di bursa saham!!!😀
Disadur dari sini

5 thoughts on “Cara Kerja Bursa Saham

  1. sy kira bukan masalah analogi… intinya investor (penjual monyet) in the end malah rugi (tepatnya: potential loss) krn adanya ekspektasi atas harga jual yang lebih tinggi (dmn tdk selalu tersedia).

    di sisi lain, sang bandar malah sdh untung (krn terjual 250rb sementara dibeli dg 100rb/50rb).

    hehe… gitu kan😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s