Gallery

Perilaku IHSG di masa lalu

Kondisi market yang tidak menentu sekarang ini menyentil saya untuk mencoba mengolah data masa lalu IHSG. Di sini saya akan mencoba mencari efek musiman IHSG. Bulan apa saja return IHSG tertinggi dan terendah?Bagaimana perilaku IHSG saat Pemilu? Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan saya coba jawab melalui artikel ini.
Artikel ini khusus ditujukan untuk investor reksa dana saham walaupun tidak tertutup kemungkinan investor reksa dana campuran juga melihat karena RDC juga mengandung komponen saham.

Berdasarkan data bulanan IHSG dari tahun 1989 s.d 2008, ada beberapa hal menarik yang didapatkan. Saya menggunakan data IHSG karena return RDS secara umum biasanya tidak jauh berbeda dengan pergerakan IHSG.

Pada bulan apakah return IHSG tertinggi dan terendah?

Return bulanan rata2 tertinggi IHSG dicapai pada bulan Desember, yaitu 4.44%. Return rata2 bulanan terendah terjadi pada bulan Agustus, yaitu -3.35%.

Berdasarkan tabel di atas, secara statistik waktu top up terbaik adalah pada akhir bulan September. Kalau pengen lebih sering, top up selanjutnya bisa dilakukan pada akhir bulan Maret.

Kapan waktu top up yg tepat kalau pengen top up lebih sering lagi?

Tabel di atas menunjukkan jumlah kejadian IHSG minus selama x bulan. Sebagai contoh, dari tahun 1989 s.d mei 2008, ada 17 kejadian di mana IHSG minus selama 2 bulan berturut-turut sebelum plus lagi bulan depannya.

Jumlah kejadian terbanyak adalah minus selama 1 bulan (22 kali), dan minus selama 2 bulan (17 kali). Kesimpulannya, top up rutin bulanan adalah metode yang cukup baik.


Bagaimana perilaku IHSG selama Pemilu?

Banyak pihak yang cukup khawatir bahwa Pemilu akan menyebabkan IHSG berpotensi melemah. Hal tersebut cukup beralasan mengingat adanya potensi ketidakstabilan politik selama berlangsungnya Pemilu tahun depan. Untuk itu, tidak ada salahnya kita mereview kembali bagaimana perilaku IHSG saat 2 Pemilu yang lalu(tahun 1999 dan 2004). Khusus tahun 2004, terdapat 2 Pemilu yaitu pemilu untuk menentukan calon legislatif dan pemilu untuk menentukan calon Presiden.

Berikut adalah datanya:
Tahun 1999 –> pemilu dilaksanakan pada tanggall 7 Juni
Tahun 2004 –> pemilu legislatif 5 april, pemilu Presiden tanggal 5 juli

IHSG selama Pemilu 1999:

IHSG dibuka di 411.93 dan pada akhir tahun ditutup 676.92 (naik 64%)

Perilaku IHSG selama Pemilu tahun 2004:

IHSG dibuka di 752.93 dan ditutup di 1,000.23 (naik 33%)

Pada bulan dilaksanakannya pemilu, baik pada tahun 1999 maupun tahun 2004 (diblok warna hijau) terlihat IHSG justru meningkat.

Tentu saja data di atas adalah data yang telah lalu dan belum tentu bisa menggambarkan kondisi ke depannya. Akan tetapi paling tidak kita sebagai investor bisa berjaga-jaga🙂

2 thoughts on “Perilaku IHSG di masa lalu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s